Pengakuan Iman



Jumat, 20 Oktober 2017

Markus 8:38 (TB) Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku di tengah-tengah angkatan yang tidak setia dan berdosa ini, Anak Manusia pun akan malu karena orang itu apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan Bapa-Nya, diiringi malaikat-malaikat kudus."

Menurut sejarah pengakuan iman rasuli ditulis oleh para murid Yesus sepuluh hari setelah Pentakosta yang berisi 12 butir pengakuan yang ditulis dalam pimpinan Roh Kudus. Pengakuan iman ini sejalan dengan Doa Bapa Kami dan Dasa Titah. (Sumber Wikipedia). Mengapa diperlukan pengakuan iman? Supaya orang Kristen memiliki pedoman iman yang kuat sehingga tidak mudah terombang-ambing oleh berbagai ajaran yang menyesatkan.

Tuhan Yesus menekankan betapa penting pengakuan iman. Barangsiapa malu mengaku sebagai murid Yesus, maka kelak Dia juga akan malu mengakui orang tersebut di hadapan Bapa di Sorga.

Bagaimana wujud pengakuan iman?

1. Dalam perkataan
Pengakuan tentang Yesus adalah Tuhan yang diucapkan melalui kata-kata dan disertai dengan hati yang percaya.

Roma 10:9-10 (TB) Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

2. Dalam perbuatan
Perbuatan iman meneguhkan setiap pengakuan iman.

Yakobus 2:18 (TB) Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku."

Pengakuan iman dan perbuatan iman adalah seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan dan saling melengkapi. Tetaplah setia dalam pengakuan iman kita bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan sebab saat kita dipanggil pulang, Tuhan Yesus Hakim Yang Adil juga akan mengakui kita di hadapan Bapa di Sorga. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages