Penghalang Mata Rohani



Senin, 30 Oktober 2017

Lukas 24:16 (TB) Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia.

Setelah Yesus bangkit, ada dua orang murid dalam perjalanan menuju kampung Emaus. Yesus menjumpai mereka tetapi mereka tidak dapat mengenal Dia sebab ada sesuatu yang menghalangi mata rohani mereka. Di dunia ini ada banyak orang yang membaca Kitab Injil tetapi tidak dapat mengenal Kristus dengan benar. Ada banyak orang Kristen yang tetap berbuat dosa sekalipun rajin beribadah. Semua ini terjadi sebab ada penghalang yang menutupi mata rohani mereka sehingga tidak dapat mengenal kebenaran.

Tuhan memgijinkan banyak perkara terjadi dalam kehidupan kita, termasuk penderitaan dan masalah. Tidak semua orang bisa memahami rencana Allah, sebagian mata rohaninya masih tertutup sehingga tidak mengerti maksud Tuhan.
Penghalang apa saja yang dapat menghalangi mata rohani kita?

1. Kesedihan
Lukas 24:17 (TB) Yesus berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu percakapkan sementara kamu berjalan?" Maka berhentilah mereka dengan muka muram.

Hati para murid masih dipenuhi kesedihan setelah Yesus disalib dan dikuburkan. Mereka belum siap kehilangan Yesus. Ketika ada anggota keluarga yang dikasihi dipanggil pulang ke Sorga, maka kesedihan yang berlarut-larut menghalangi mata rohani untuk mengerti rencana Tuhan. Oleh sebab itu berserahlah dan bergembiralah karena Tuhan sumber kekuatan dan penghiburan.

2. Kekecewaan
Lukas 24:21 (TB) Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi.

Pengharapan para murid adalah Yesus menjadi raja mereka secara jasmani. Tetapi ternyata pupus harapan mereka ketika Yesus disalibkan sehingga timbul kekecewaan dalam hati mereka. Banyak orang tidak bisa melihat rencana Allah karena kecewa. Kecewa dengan gereja, pemimpin rohani atau jemaat sehingga menutupi mata rohani mereka. Padahal dalam segala yang terjadi Tuhan memiliki rencana yang indah.

Bagaimana membuka penghalang mata rohani?
1. Tinggal dalam persekutuan dengan Tuhan.
Lukas 24:29 (TB) Tetapi mereka sangat mendesak-Nya, katanya: "Tinggallah bersama-sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam." Lalu masuklah Ia untuk tinggal bersama-sama dengan mereka.

2. Mengalami pengalaman rohani bersama Yesus.
Lukas 24:30-31 (TB) Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka. Ketika itu terbukalah mata mereka dan mereka pun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.

Akhirnya penghalang yang menutupi mata rohani para murid tersingkap. Demikian pula penghalang yang menutupi mata rohani kita dapat tersingkap bila kita tinggal dalam persekutuan dengan Tuhan dan mengalami pengalaman rohani bersama Tuhan. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages