Kerendahan Hati yang Membawa Kesembuhan



Minggu, 30 April 2017

2 Raja-raja 5:1 (TB) Naaman, panglima raja Aram, adalah seorang terpandang di hadapan tuannya dan sangat disayangi, sebab oleh dia TUHAN telah memberikan kemenangan kepada orang Aram. Tetapi orang itu, seorang pahlawan tentara, sakit kusta.

Naaman memiliki karir yang sukses, kaya dan terpandang di negerinya. Sayangnya ia sakit kusta, sebuah penyakit yang dipercaya sebagai sebuah kutukan. Menarik untuk melihat proses kesembuhan Naaman.

1. Percaya kepada Tuhan yang menyembuhkan.

2 Raja-raja 5:3 (TB) Berkatalah gadis itu kepada nyonyanya: "Sekiranya tuanku menghadap nabi yang di Samaria itu, maka tentulah nabi itu akan menyembuhkan dia dari penyakitnya."

Gadis dari Israel yang bekerja pada Naaman menggambarkan orang percaya yang menyampaikan Firman Tuhan kepada tuannya. Naaman percaya, akhirnya ia minta ijin raja Aram dan pergi ke Israel. Israel menggambarkan bangsa yang percaya kepada Tuhan, di mana Tuhan bekerja melalui Elisa seorang abdi Allah. Melalui hal ini bisa dilihat bahwa Naaman percaya kepada Tuhan yang disembah oleh bangsa Israel.

2. Pergi membawa persembahan

2 Raja-raja 5:5 (TB) Maka jawab raja Aram: "Baik, pergilah dan aku akan mengirim surat kepada raja Israel." Lalu pergilah Naaman dan membawa sebagai persembahan sepuluh talenta perak dan enam ribu syikal emas dan sepuluh potong pakaian.

Naaman pergi tidak dengan tangan hampa melainkan dengan membawa persembahan. Ia memiliki sikap hati yang baik untuk berkorban dan menyenangkan hati Tuhan.

3. Taat dan merendahkan diri.

2 Raja-raja 5:14 (TB) Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir.

Walaupun pertama kali ia gusar ketika disuruh mandi di sungai Yordan, namun setelah mendengarkan perkataan para pegawainya akhirnya ia taat. Sungai Yordan dalam kondisi yang kotor. Ini menggambarkan sebuah ketaatan dan kerendahan hati.

Salah satu penghalang kesembuhan adalah kesombongan. Bila ada seorang yang sakit dan tidak kunjung sembuh, belajarlah rendah hati dan taat melakukan Firman Tuhan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages