Alat Musik Dalam Ibadah



Minggu, 2 April 2017

Mazmur 150:3-5 (TB) Pujilah Dia dengan tiupan sangkakala, pujilah Dia dengan gambus dan kecapi!
Pujilah Dia dengan rebana dan tari-tarian, pujilah Dia dengan permainan kecapi dan seruling!
Pujilah Dia dengan ceracap yang berdenting, pujilah Dia dengan ceracap yang berdentang!

Tuhan menciptakan alat musik untuk digunakan dalam memuji dan menyembah Tuhan. Tidak ada pembatasan alat musik apa yang boleh dipakai dan tidak boleh dipakai dalam ibadah gereja.

Alat musik digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Alat musik tiup

Dalam kitab Mazmur telah disebut sangkakala dan seruling yang merupakan alat musik tiup. Alat musik tiup modern telah berkembang sehingga diciptakan saxophone, flute, clarinet, terompet dan berbagai alat musik tiup lain yang menghasilkan bunyi suara yang indah.

2. Alat musik dawai

Dalam kitab Mazmur telah disebut gambus dan kecapi yang merupakan alat musik dawai atau senar. Dalam perkembangan alat musik dawai saat ini ada gitar dan bass, piano, harpha, cello dan biola serta begitu banyak alat musik petik yang lain. Keyboard adalah alat musik elektronik yang dapat menampilkan suara dari alat musik tiup, dawai maupun pukul.

3. Alat musik pukul

Dalam kitab Mazmur disebut gambus, ceracap yang berdenting dan ceracap yang berdentang adalah alat-alat musik pukul. Saat ini alat musik pukul yang bisa digunakan adalah drum, perkusi, conga, bongo, kulintang, angklung dan banyak yang lainnya.

Tuhan sedemikian kreatif menciptakan alat-alat musik untuk memuliakan nama-Nya. Dengan alat musik yang lengkap mendorong kita untuk memuji dan menyembah Tuhan dengan sukacita dan penuh ekspresi.

Setiap alat musik bisa digunakan di dalam gereja. Kita mengajak untuk setiap jemaat terdorong mempelajari musik sekalipun dengan keterbatasan sehingga akan berkembang kreatifitas dalam memuji dan memuliakan Tuhan.
Terlebih anak-anak kita, kenalkanlah pada alat-alat musik sejak dini. Sebab mereka suatu saat nanti yang akan meneruskan tongkat estafet pelayanan.
Together forward. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages