Sahabat

 



Minggu, 9 Juli 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 16-18


Amsal 17:17 (TB)  Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran. 


Dalam bahasa Ibrani, sahabat menggunakan kata "resh-ayin” yang berarti “seorang memperhatikan atau mengamati”.

Pengertian ini sesuai dengan Amsal 17:17.


1. Seorang yang peduli.


Kata memperhatikan dan mengamati berarti fokus kepada seseorang. Bukan hanya melihat tetapi peduli kepada kesukaran orang yang diamati. Biasanya seorang bersahabat kepada satu atau beberapa orang saja, tidak bisa kepada semua teman. Dalam persahabatan ini terjadilah rasa kasih yang tulus, tanpa mengharapkan balasan dan rasa peduli akan kesukaran sahabatnya. Bahkan tanpa adanya permintaan bantuan, karena melalui perhatiannya seorang sahabat bisa mengetahui kebutuhan sahabatnya.


Amsal 17:17 (FAYH)  Sahabat sejati selalu setia, dan orang yang memberi pertolongan pada waktu diperlukan adalah bagaikan seorang saudara.


2. Melebihi saudara


Hubungan dalam persaudaraan terjadi karena hubungan keluarga. Tetapi hubungan persahabatan terjadi karena kasih yang tulus. Dalam bahasa Yunani, kasih yang tulus ini menggunakan kata "philio" yaitu kasih yang luhur dan tumbuh dari hasil persahabatan mendalam sehingga menerbitkan rasa 'kami' atau 'kita' yang mengungkapkan rasa sepenanggungan. Philio tidak menuntut tetapi ingin selalu memberi. Ia suatu kasih yang bermakna, melebihi sekadar perkara materi.


Amsal 18:24 (TB)  Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara. 


Dalam kehidupan sehari-hari, ada sahabat yang lebih mengasihi dan lebih peduli daripada saudara. Diberkatilah Anda yang memiliki karakter sahabat dalam diri Anda. Kiranya Tuhan yang akan memakai kehidupan Anda untuk memberkati orang lain yang berseru-seru kepada Tuhan. Diberkatilah Anda yang mengasihi dan peduli kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan. Anda telah mengalami kebaikan Tuhan yang luar biasa sehingga memampukan Anda mengasihi dan peduli seperti cara Tuhan mengasihi Anda. 


Yohanes 15:13 (TB)  Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.


Haleluya, selamat hari Minggu. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages