Bersinergi

 



Sabtu, 15 Juli 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Pengkotbah 4-6


Pengkhotbah 4:12 (TB)  Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan. 


Pengkhotbah 4:9 (BIMK)  Berdua lebih menguntungkan daripada seorang diri. Kalau mereka bekerja, hasilnya akan lebih baik.


Ada peribahasa yang mengatakan "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh" artinya sesuatu akan berhasil apabila dikerjakan bersama-sama karena bersatu lebih kuat daripada terpecah belah. 

Firman Tuhan dalam Pengkotbah 4:12 menekankan tentang bersatu dan bersinergi. Pekerjaan yang dilakukan bersama dan bersinergi akan terasa lebih ringan dan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada dilakukan seorang diri.


Sinergi berasal dari bahasa Yunani synergos yang berarti bekerja bersama-sama. 

Dalam hal apa saja kita bisa bersinergi?


1. Dalam membangun rumah tangga.


Pentingnya suami dan istri serta anak-anak bekerja bersama-sama untuk membangun keluarga. Rumah tangga akan menjadi kuat apabila kekuatan masing-masing mengisi kelemahan satu dengan yang lain. Kelemahan bukan menjadi masalah apabila ada penerimaan dan kerja sama untuk memperbaikinya.


2. Dalam membangun pekerjaan.


Kita seorang mendengar kata "team work" yaitu suatu tim yang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan. Dengan memaksimalkan potensi anggota tim maka setiap tugas bisa dibagi kepada semua anggota sehingga pekerjaan bisa berjalan dengan cepat dan efektif. 


3. Dalam pelayanan


Tuhan Yesus memberikan perumpamaan bahwa gereja adalah tubuh Kristus. Artinya setiap bagian dari gereja harus saling terhubung, saling membantu dan melayani satu dengan yang lain demi tercapainya rencana Tuhan bagi jemaat. 


Galatia 6:2 (TB)  Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus. 


Musuh dari sinergi adalah sikap yang egois yaitu merasa lebih mampu, lebih pandai, lebih berhak daripada yang lain. Sikap egois bukan membangun tetapi meruntuhkan. Bila ada sikap egois dalam keluarga, pekerjaan dan pelayanan akan menjadi celah yang menimbulkan perpecahan. Marilah bersinergi dalam mencapai tujuan, maka hasil yang didapatkan akan lebih baik daripada seorang diri. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages