Ibadah Yang Tidak Mencapai Apa-apa

 



Selasa, 25 Juli 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 16-18


Yesaya 16:12 (TB)  Maka sekalipun Moab pergi beribadah dan bersusah payah di atas bukit pengorbanan dan masuk ke tempat kudusnya untuk berdoa, ia tidak akan mencapai apa-apa. 


Siapakah Moab?


Dicatat dalam Kejadian 19:30-38, orang-orang Moab adalah keturunan Lot dari perkawinan yang menyimpang yaitu hubungan badan antara Lot dengan putri sulungnya. Sedangkan dengan adiknya melahirkan bangsa Amon. Tuhan memisahkan mereka dari bangsa Israel karena sikap mereka yang melawan bangsa Israel.


Seorang Amon atau seorang Moab janganlah masuk jemaah TUHAN, bahkan keturunannya yang kesepuluhpun tidak boleh masuk jemaah TUHAN sampai selama-lamanya, karena mereka tidak menyongsong kamu dengan roti dan air pada waktu perjalananmu keluar dari Mesir, dan karena mereka mengupah Bileam bin Beor dari Petor di Aram-Mesopotamia melawan engkau, supaya dikutukinya engkau.

Tetapi TUHAN, Allahmu, tidak mau mendengarkan Bileam dan TUHAN, Allahmu, telah mengubah kutuk itu menjadi berkat bagimu, karena TUHAN, Allahmu, mengasihi engkau. Selama engkau hidup, janganlah engkau mengikhtiarkan kesejahteraan dan kebahagiaan mereka sampai selama-lamanya. (Ulangan 23:3-6)


Bangsa Moab beribadah dengan menyembah berhala yaitu menyembah patung-patung sebagai dewa mereka di bukit-bukit pengorbanan. Meskipun mereka giat beribadah dan berdoa, tetapi mereka tidak mencapai apa-apa. (Yesaya 16:12).


Apa yang dapat kita pelajari dari bangsa Moab?


Mereka ditolak karena melawan Tuhan dengan cara menolak umat Tuhan dan menyembah kepada berhala. Jadi sekalipun mereka giat beribadah dan berdoa mereka tidak mencapai apa-apa karena jalan yang mereka tempuh salah.


Haleluya, Tuhan telah memberikan kepada kita jalan yang benar melalui Tuhan Yesus. Jangan hidup di dalam dosa, tetapi taatlah dan setia di dalam Tuhan Yesus, sebab hanya Dialah jalan, kebenaran dan kehidupan.


Yohanes 14:6 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."


Kisah Para Rasul 4:12 (TB)  Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia (Yesus), sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.


Filipi 2:9-11 (TB)  Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, 

supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, 

dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa! 


Ada banyak jalan menuju ke Roma, tetapi hanya satu jalan menuju ke sorga yaitu melalui Tuhan Yesus. Berbahagialah setiap orang yang telah mengenal kebenaran dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Marilah kita bagikan kabar baik ini kepada mereka yang belum menemukan jalan kebenaran menuju ke sorga. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages