Menata Rumah

 



Selasa, 11 Juli 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 22-24


Amsal 24:3-4 (TB)  Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan, 

dan dengan pengertian kamar-kamar diisi dengan bermacam-macam harta benda yang berharga dan menarik. 


Kitab Amsal berisi nasihat agar kita menjadi semakin bijak. Ayat di atas memberi pesan agar kita membangun dan menata rumah dengan hikmat yaitu pengetahuan dan kepandaian, bukan asal-asalan. Tujuannya agar rumah dan isinya menjadi aman dan nyaman untuk penghuninya. Rumah menjadi kuat dan sehat untuk ditempati.


Beberapa orang memperdebatkan karena rumahnya sederhana maka mereka tidak dapat menata rumahnya dengan baik. Sebenarnya bukan karena mewah atau sederhana yang membedakan, tetapi hikmat yang menjadi kuncinya. Bisa saja rumah mewah menjadi berantakan dan tak teratur karena salah menatanya. Sebaliknya rumah sederhana bisa menjadi indah dan nyaman bila pandai menatanya.


Menata rumah sepertinya sederhana tetapi banyak orang tidak memperhatikan hal ini, padahal tatanan rumah mencerminkan karakter penghuninya. Marilah kita berusaha menata rumah sedemikian rupa agar menjadi indah dan nyaman untuk ditempati. Maka pikiran dan hati kita juga akan menjadi tenang karena penataan rumah yang bersih dan nyaman.


Bersihkanlah rumah secara teratur, buanglah barang-barang yang menjadi sampah. Isilah rumah dengan barang-barang yang baik dan berharga.

Turutilah nasihat Amsal tersebut supaya kita semakin bijaksana, semakin damai dan tenteram tinggal di rumah. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages