Musuh Akan Segera Dihancurkan

 



Sabtu, 22 Juli 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 7-9


Yesaya 8:1 (FAYH)  TUHAN berfirman lagi kepadaku, begini: "Buatlah sebuah papan pengumuman dan tulislah di papan itu dengan huruf yang besar-besar (nama putra yang akan Kuberikan kepadamu): Maher-Syalal Hasy-Bas (artinya ‘Musuh-musuhmu akan segera dihancurkan’). "


Pada umumnya orang tua akan memberikan nama kepada anaknya segera sesudah anaknya lahir. Atau paling tidak saat mengandung dan dapat diperkirakan jenis kelaminnya. Tetapi apa yang Tuhan lakukan kepada Yesaya merupakan sebuah tanda nubuatan. Tuhan berfirman agar anak Yesaya yang akan lahir diberi nama Maher-Syalal Hasy-Bas (artinya Musuh-musuhmu akan segera dihancurkan). Nama ini diberikan sebelum istri nabi mengandung bahkan sebelum Yesaya menghampiri isterinya.


Mengapa Tuhan memberikan nama kepada anak nabi Yesaya jauh sebelum dikandung dan dilahirkan?

Hal ini sama dengan perikop sebelumnya dengan tanda nubuat yang diberikan tentang kelahiran Yesus, sebelum ia lahir bahkan ribuan tahun sebelumnya.


Yesaya 7:14 (TB)  Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. 


Maknanya adalah TUHAN MEMBERI PENGHARAPAN DALAM KESESAKAN. Bangsa Israel dan Yehuda dalam kondisi diperangi oleh musuh-musuhnya (bangsa Aram) dan mereka dikalahkan. Mereka ditindas dan menderita akibat kekalahan dari musuh-musuhnya.


Yesaya 7:1 (TB)  Dalam zaman Ahas bin Yotam bin Uzia, raja Yehuda, maka Rezin, raja Aram, dengan Pekah bin Remalya, raja Israel, maju ke Yerusalem untuk berperang melawan kota itu, namun mereka tidak dapat mengalahkannya.


Oleh sebab itu pengharapan yang Tuhan berikan adalah Maher-Syalal Hash-Bas artinya musuh-musuhmu akan segera dihancurkan!


Satu hal yang dapat kita renungkan hari ini adalah ...

Apakah kita sedang menghadapi "musuh-musuh itu"? Apakah pergumulan, penderitaan, sakit-penyakit, kegagalan, kesesakan dan sebagainya? Haleluya, Tuhan memberikan pengharapan bahwa musuh-musuh kita akan segera dihancurkan. Tetap berharap dan percaya kepada janji Tuhan. Tidak selama-lamanya hari akan gelap, akan segera datang pagi sebagai tanda kemenangan bagi kita. Bersyukurlah dan nantikanlah janji Tuhan digenapi dalam kehidupan kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. Amin. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages