Bertobat Setiap Hari

 



Rabu, 26 Juli 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 19-21


Yesaya 21:12 (TB)  Pengawal itu berkata: "Pagi akan datang, tetapi malam juga. Jika kamu mau bertanya, datanglah bertanya sekali lagi!" 


Menarik sekali untuk mempelajari Yesaya 21:11-12, yaitu ucapan ilahi terhadap Duma. Jika hanya membaca sekilas maka kita tidak akan dapat memahami pesannya. Tetapi bila kita pelajari dengan seksama maka kita akan menerima rhema, yaitu mengenai pertobatan dan kembali kepada Tuhan.


1. Siapakah Duma?


Duma adalah nama lain dari bangsa Edom, yaitu bangsa kafir yang tidak mengenal Allah dan hidup dalam keinginan daging. Edom adalah keturunan dari Esau yang karena nafsu menjual hak kesulungan.


2. Masih lama malam ini?


Edom memiliki kebiasaan berpesta malam (istilah sekarang dugem), yaitu berbagai perbuatan dosa yang dilakukan pada malam hari. Mereka bertanya, "Masih lama malam ini?" Pertanyaan ini diulang dua kami menunjukkan bahwa mereka ingin lebih lama menikmati kesenangan duniawi.


Yesaya 21:11 (TB)  Ucapan ilahi terhadap Duma. Ada seorang berseru kepadaku dari Seir: "Hai pengawal, masih lama malam ini? Hai pengawal, masih lama malam ini?" 


3. Pagi akan datang.


Yesaya 21:12 (TB)  Pengawal itu berkata: "Pagi akan datang, tetapi malam juga. Jika kamu mau bertanya, datanglah bertanya sekali lagi!" 


Pengawal menggambarkan penjaga hidup kita, yaitu Roh Kudus yang selalu mengingatkan kita akan kebenaran dan dosa.


Pagi akan datang menggambarkan keadaan terang di mana orang tidak bisa lagi melakukan perbuatan kegelapan. Pagi atau siang hari menggambarkan kesempatan untuk bertobat. Ada yang meninggalkan dosa, tetapi ada pula yang kembali lagi jatuh dalam kehidupan berdosa.


1 Tesalonika 5:5 (TB)  karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan.


4. Malam juga akan datang kembali.


Malam datang kembali merupakan ujian.

Ada yang lulus uji, mereka yang bertobat tidak lagi melakukan perbuatan dosa seperti hidup yang lama. Tetapi ada yang tidak lulus uji, ketika bersama lingkungan atau pergaulan yang buruk kembali lagi melakukan perbuatan dosa. Akhir dari mereka yang tidak tahan uji adalah penghakiman dari Tuhan terhadap orang-orang yang berdosa.


Oleh sebab itu dalam terjemahan Firman Allah Yang Hidup diberikan keterangan dalam tanda ( ... ) yang sangat membantu memahami ayat tersebut.


Yesaya 21:12 (FAYH)  Penjaga itu menjawab, "Hari sudah hampir pagi, tetapi malam akan menyusul. (Hari penghakimanmu segera datang. Kembalilah kepada Allah, supaya aku dapat memberikan kabar yang lebih baik kepadamu. Carilah Dia.) Kalau hendak bertanya, datanglah kembali dan bertanyalah lagi! "


Frasa "Kalau hendak bertanya, datanglah kembali dan bertanyalah lagi! " menunjukkan adanya pertobatan yang progresif atau terus-menerus. Lahir baru terjadi sekali tetapi pertobatan harus terjadi setiap hari. Setiap hari mengevaluasi diri. Temukanlah dalam diri hal-hal yang harus diubah menjadi baik dan seturut firman Tuhan.


Bertobatlah dan kembalilah kepada Tuhan. Hiduplah dalam kebenaran dan kekudusan supaya kita menerima mahkota kemuliaan dari Tuhan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages