Kasih Menutupi

 



Selasa, 18 Juli 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Kidung Agung 1-4


Kidung Agung 4:7 (TB)  Engkau cantik sekali, manisku, tak ada cacat cela padamu. 


Kitab Kidung Agung berisikan puja-puji mempelai pria dan mempela wanita. Mempelai pria menggambarkan Kristus dan mempelai wanita menggambarkan jemaat (gereja).


Ketika seseorang dipenuhi rasa cinta maka ia akan memuji pasangannya dan cenderung tidak melihat (menutupi) kekurangannya. Pujian dalam Kidung Agung 4:7 diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita.


Kidung Agung 4:7 (TB)  Engkau cantik sekali, manisku, tak ada cacat cela padamu. 


Arti secara rohani bahwa Kristus mengasihi jemaat sehingga ia mengasihi, menerima kita dan melupakan kekurangan kita.


Amsal 10:12 (TB)  Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran. 


1 Korintus 13:7 (TB)  Ia (kasih) menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.


Roma 5:8 (TB)  Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.


Mazmur 103:8-12 (TB)  TUHAN adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia. 

Tidak selalu Ia menuntut, dan tidak untuk selama-lamanya Ia mendendam. 

Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita, 

tetapi setinggi langit di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya atas orang-orang yang takut akan Dia; 

sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita. 


Renungkanlah bahwa Kristus telah mengasihi dan berkorban bagi kita padahal kita masih berdosa. Ini adalah pengorbanan yang diberikan karena Kristus sangat mengasihi umat-Nya.


Apa yang Kristus sudah lakukan bagi kita, hendaklah kita teladani dan kita lakukan dalam hubungan dengan orang lain. Bila kita mengasihi pasangan, keluarga, jemaat, teman-teman dan sesama ... marilah kita menerima mereka apa adanya. Hendaklah kasih kita menutupi kekurangan mereka. Kasih tidak mengumbar aib dan masa lalu orang lain. Seseorang yang menerima kasih yang tulus akan mengalami perubahan hidup sebab kasih itu mengubah seseorang menjadi lebih baik. Jangan hanya melihat kekurangan orang lain, tetapi biarlah kasih kita mengampuni dan mengubahkan kehidupan mereka. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages