Sikap Memuliakan Tuhan



Minggu, 30 Juli 2017

2 Tawarikh 7:6 (TB) Para imam telah siap berdiri pada tempat mereka. Begitu pula orang-orang Lewi telah siap dengan alat-alat musik untuk memuliakan TUHAN, yakni alat-alat musik yang dibuat raja Daud untuk mengiringi nyanyian syukur bagi TUHAN: "Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!" setiap kali mereka ditugaskan Daud menyanyikan puji-pujian. Dalam pada itu para imam berdiri berhadapan dengan mereka sambil meniup nafiri, sedang segenap orang Israel berdiri.

Mengapa ketika menyanyikan lagu kebangsaan semua hadirin harus berdiri? Mengapa kehadiran seorang raja atau presiden, semua undangan juga harus berdiri? Ya ... Berdiri menunjukkan sikap penghormatan!

Ketika kita datang kepada Tuhan, baik para pelayan Tuhan maupun seluruh umat Tuhan ada beberapa sikap yang harus dilakukan.

1. Sikap Siap
Para imam siap berdiri dan orang Lewi siap dengan alat-alat musik. Sikap siap menunjukkan bahwa ibadah kita dilakukan dengan sungguh-sungguh bukan dengan sembarangan.
A. Siapkan hati dari rumah, hati yang penuh kerinduan dan ketaatan kepada Tuhan.
B. Siapkan segala sesuatu yang akan kita persembahkan kepada Tuhan, baik tubuh kita sebagai persembahan yang hidup, nyanyian maupun persembahan / persepuluhan yang akan kita berikan.
C. Siapkan alat-alat musik, menunjukkan persiapan latihan sebelumnya, supaya kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada Tuhan.

2. Sikap Berdiri
Sikap berdiri ditunjukkan oleh para imam, orang Lewi dan segenap orang Israel. Dalam konteks jemaat adalah para pemimpin rohani, pelayan Tuhan dan seluruh jemaat.
A. Sikap berdiri menunjukkan respon untuk menghormati Tuhan.
B. Sikap berdiri jangan dilakukan dengan terpaksa, supaya jangan kita melakukannya dengan mengeluh dalam hati, "wah capek aku, WL nya nyuruh kita berdiri terus", sehingga fokus kita bukan kepada Tuhan tetapi kepada tata ibadah.

Ketika seluruh pemimpin, pelayan Tuhan dan segenap jemaat melakukan ibadah dengan antusias dan sikap hormat kepada Tuhan maka hadirat Tuhan akan dinyatakan dengan luar biasa.
Selamat beribadah dan melayani Tuhan. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages