Dampak Melakukan Kebenaran



Sabtu, 29 Juli 2017

Yesaya 32:17 (TB) Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya.

Hukum sebab akibat tetap terjadi dalam kehidupan. Segala sesuatu yang kita lakukan pasti berdampak, baik perbuatan baik maupun buruk. Dunia ini semakin penuh dengan dosa sehingga kejahatan, kesukaran dan penderitaan semakin merajalela.

Melakukan kebenaran semakin lama menjadi semakin langka, bahkan dunia mentertawakan sebagai orang yang aneh. Dalam melakukan kebenaran sepertinya melawan arus yang sangat kuat. Jika kita tidak teguh, kemungkinan besar akan terhanyut oleh arus dunia yang penuh dosa.

Masih ada harapan bagi setiap orang yang melakukan kebenaran, yaitu firman Tuhan. Ada dampak yang ditimbulkan ketika melakukan kebenaran, yaitu:

1. Damai sejahtera
Sebuah keadaan yang tanpa konflik dan permusuhan. Bila kita melakukan kebenaran maka hubungan dengan orang lain dan dengan Tuhan akan penuh damai sejahtera.

2. Ketenangan
Ketenangan adalah keadaan nyaman dan stabil baik di dalam hati, batin dan pikiran. Orang yang melakukan kebenaran tidak akan menerima hukuman akibat kesalahan sehingga berbuah ketenangan.

3. Ketentraman
Ketentraman hampir sama dengan ketenangan, namun ada aspek yang lebih yaitu keamanan dan terjamin sehingga tidak ada ketakutan. Orang yang melakukan kebenaran akan aman dan terjamin masa depannya.

Pada umumnya setiap orang membutuhkan tiga hal di atas, yaitu damai sejahtera, ketenangan dan ketentraman namun mereka tidak tahu cara mendapatkannya. Ada yang mencari hiburan dengan cara duniawi, ada yang mengandalkan manusia atau pergi ke tempat sunyi. Tetapi melarikan diri dari masalah tidak pernah menyelesaikan persoalan. Hanya satu kuncinya, yaitu dengan melakukan kebenaran maka dampaknya adalah mengalami damai sejahtera, ketenangan dan ketentraman. Amin. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages