Kesabaran



Minggu, 9 Juli 2017

Amsal 16:32 (TB) Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Kata "sabar" dalam bahasa Yunani adalah kata "macrothumos" -- "makro" berarti "panjang" dan "thumos" (dari mana kita mendapatkan kata "termometer") berarti "panas". Secara harafiah berarti "memakan waktu lama bagi Anda untuk menjadi panas”.

Bila Anda memiliki kendaraan bermotor, nyalakan mesin beberapa menit terlebih dahulu sebelum menjalankannya. Hal ini akan membuat mesin awet karena "dipanaskan" atau dipersiapkan terlebih dahulu sebelum menerima beban kerja. Begitu pula dengan alat-alat bermotor yang lain. Akan tetapi hal ini membutuhkan kesabaran ekstra terutama di saat Anda tergesa-gesa atau ada keperluan mendesak.

Kesabaran diperlukan dalam kehidupan kita:

1. Agar proses berjalan dengan baik.
Secara umum manusia menyukai hal-hal yang instan. Terutama di saat Tuhan membentuk kita dalam berbagai kesulitan, dibutuhkan kesabaran agar desain yang Tuhan rencanakan dapat terjadi dengan baik di dalam kehidupan kita.

2. Agar belajar menguasai diri.
Hal yang sulit ditaklukkan adalah ego atau keinginan diri sendiri. Manusia cenderung memaksakan egonya. Tapi kalau kita belajar bersabar, lambat laun kita bisa menguasai diri.

3. Agar damai dan sejahtera melimpah.
Bayangkan orang yang selalu tergesa-gesa seperti dikejar-kejar sesuatu. Bisa melakukan banyak kesalahan. Tidak sabar dalam mengemudi misalnya dapat melakukan kesalahan sehingga mengakibatkan kecelakaan. Secara jasmani, orang yang tidak sabar bisa menimbulkan penyakit di antaranya penyakit tekanan darah tinggi dan jantung. Di samping itu dalam menjalani kehidupan tidak ada damai sejahtera.

Kesabaran adalah buah Roh Kudus (Gal 5:22). Berdoalah dan mintalah kepada Roh Kudus untuk memberikan kesabaran dalam menghadapi situasi. Belajarlah mengendalikan diri Anda mulai dari hal-hal yang kecil. Tetaplah sabar menantikan pertolongan Tuhan yang indah pada waktunya. Firman Tuhan mengatakan bila Anda sabar maka Anda lebih daripada seorang pahlawan. Selamat hari Minggu dan Selamat Beribadah. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages