Jalan-Mu Tak Terselami



Minggu, 16 Juli 2017

Pengkhotbah 8:16-17, Ketika aku memberi perhatianku untuk memahami hikmat dan melihat kegiatan yang dilakukan orang di dunia tanpa mengantuk siang malam, maka nyatalah kepadaku, bahwa manusia tidak dapat menyelami segala pekerjaan Allah yang dilakukan-Nya di bawah matahari. Bagaimanapun juga manusia berlelah-lelah mencarinya, ia tidak akan menyelaminya. Walaupun orang yang berhikmat mengatakan, bahwa ia mengetahuinya, namun ia tidak dapat menyelaminya.

Kehidupan kita sedang diproses oleh Tuhan. Tak seorangpun bisa mengerti seperti apa kesudahannya. Salomo merupakan raja yang paling bijaksana sekalipun, mengakui bahwa tidak ada seorang manusia pun yang bisa memahami pekerjaan Tuhan.

1. Tekun menjalani proses.
Ada kisah pelukis pasir sebagai peserta di American Idol. Hampir sepanjang waktu yang diberikan tidak nampak sebuah lukisan, seperti gambar yang tak berarti. Para juri sudah tidak sabar dan menolak peserta tersebut. Dengan hati yang menangis di detik-detik terakhir, ia membalik lukisannya dan ternyata sebuah lukisan wajah yang indah. Para juri berdiri dan memberikan standing applaus, tetapi tidak bisa mengubah keadaan karena sebelumnya semua telah menolaknya.
Bertekunlah mengikuti proses yang sedang Tuhan kerjakan sampai pada akhirnya.

2. Pekerjaan Tuhan dapat dipahami dengan iman.
Ketika Tuhan menyuruh Abraham pergi meninggalkan negerinya ke tempat yang akan Tuhan tunjukkan, secara kasat mata Abraham belum mengetahuinya. Bahkan jika dibandingkan dengan segala pencapaian di negeri, ini adalah mustahil karena pergi tanpa membawa harta. Namun Abraham taat yang artinya percaya, melihat dengan mata iman, bukan dengan mata jasmani. Dia bisa melihat dengan iman tanah perjanjian Tuhan. Dapatkah Anda melihat dengan iman segala janji Tuhan digenapi dalam hidup Anda?

3. Setiap peristiwa adalah elemen penting.
Kita mungkin meremehkan hal yang kecil dalam sebuah kejadian. Tapi tahukah Anda tanpa perkara kecil tersebut "mozaik" yang Tuhan kerjakan dalam hidup Anda tidak akan pernah sempurna. Oleh sebab itu setialah dan seriuslah dalam perkara kecil, sebab hal itu adalah bagian dari "mozaik" Tuhan dalam hidup Anda.

Jalan Tuhan tak terselami dalam hidup kita. Tetapi tetaplah percaya bahwa Tuhan mengerjakan setiap hal untuk kebaikan kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages