Sikap Hati Dalam Menerima Firman Tuhan

 



Sabtu, 14 Oktober 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Matius 13-15


Matius 13:3 (TB)  Dan Ia mengucapkan banyak hal dalam perumpamaan kepada mereka. Kata-Nya: "Adalah seorang penabur keluar untuk menabur."


Selama kita hidup, Tuhan tidak henti-hentinya berbicara kepada kita melalui firman-Nya dan banyak peristiwa yang terjadi. Tetapi tidak semua orang meresponi dengan baik sehingga iman dan kerohaniannya tidak tumbuh dan tidak berbuah. Ini semua berkaitan dengan hati kita yang digambarkan sebagai kondisi ladang yang menerima firman Tuhan.


1. Hati yang tidak mengerti firman Tuhan.


Matius 13:4 (TB)  Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis.


Artinya ...


Matius 13:19 (TB)  Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan.


2. Hati yang tidak teguh menanggapi firman Tuhan.


Matius 13:5-6 (TB)  Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itu pun segera tumbuh, karena tanahnya tipis.

Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar.


Artinya ...


Matius 13:20-21 (TB)  Benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu ialah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira.

Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itu pun segera murtad.


3. Hati yang dipenuhi dengan kekuatiran dan tipu daya kekayaan.


Matius 13:7 (TB)  Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati.


Artinya ...


Matius 13:22 (TB)  Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.


4. Hati yang mengerti dan percaya firman Tuhan.


Matius 13:8 (TB)  Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.


Artinya ...


Matius 13:23 (TB)  Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat."


Marilah kita renungkan bagaimana sikap hati kita dalam menerima firman Tuhan. Milikilah sikap hati yang mengerti dan percaya kepada firman Tuhan, maka firman Tuhan akan bertumbuh dan berbuah lebat dalam kehidupan kita. Selamat berakhir pekan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages