Memandang Bulu

 


Minggu, 8 Oktober 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Maleakhi 1-2


Maleakhi 2:9 (TB)  Maka Aku pun akan membuat kamu hina dan rendah bagi seluruh umat ini, oleh karena kamu tidak mengikuti jalan yang Kutunjukkan, tetapi memandang bulu dalam pengajaranmu.


Salah satu alasan Tuhan murka kepada para imam adalah mereka memandang bulu dalam pengajarannya. Apakah maksudnya?


Maleakhi 2:9 (FAYH)  "Karena itu, Aku telah menjadikan kamu kebencian bagi seluruh umat. Kamu tidak taat kepada-Ku. Kamu pilih kasih dan membiarkan orang-orang kesayanganmu melanggar hukum tanpa tegoran. "


Berdasarkan ayat tersebut ada dua makna yang bisa kita ambil, yaitu:


1. Pilih kasih


Dalam KBBI, pilih kasih artinya memihak atau berat sebelah. Dalam arti sehari-hari, pilih kasih adalah memberikan kasih sayang yang berbeda-beda atau lebih memihak kepada salah satu individu yang cenderung lebih dicintai. Bisa juga berarti membela seseorang yang dikasihi sekalipun ia bersalah.


2. Kompromi


Maksud dari kompromi adalah membiarkan orang-orang kesayangan melanggar hukum tanpa tegoran. Tidak berani atau tidak mau menegor orang-orang yang menjadi pendukung utama dalam pelayanan. 


Kedua hal tersebut bisa menjadi "jebakan" bagi para pelayan atau hamba Tuhan. Tegakkanlah kebenaran, ajarlah dan tegorlah mereka yang salah tanpa pandang bulu. Sekalipun mereka adalah keluarga terdekat atau pendukung utama dalam pelayanan, jika bersalah sudah seharusnya ditegor. Tujuannya agar kita selalu memiliki hati dan kasih yang murni di hadapan Tuhan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages