Manfaat Minyak dan Anggur

 



Jumat, 27 Oktober 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Lukas 10-12


Lukas 10:34 (TB)  Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.


Yesus mengajarkan perumpamaan orang Samaria yang baik hati (Lukas 10:25-37). Perikop ini tidak ditulis dalam ketiga Injil yang lain (Matius, Markus dan Yohanes). Tentu ini berhubungan dengan latar belakang Lukas.


Siapakah Penulis Injil Lukas?

Lukas bukan salah satu dari 12 murid Yesus, tetapi Lukas adalah salah seorang “teman sekerja” Paulus (Filemon 1:24) dan rekan misionaris Paulus (lihat 2 Timotius 4:11). Lukas juga menulis Kitab Kisah Para Rasul. Latar belakang Lukas adalah seorang tabib (profesi dokter pada masa kini). 


Kolose 4:14 (TB)  Salam kepadamu dari tabib Lukas yang kekasih dan dari Demas.  


Itulah sebabnya ia memiliki kemampuan menulis kitab Injil dan Kitab Kisah Para Rasul jauh lebih detail dibanding yang lain. Terkhusus pada perikop "Orang Samaria yang baik hati" ada proses pengobatan dan perawatan yang tertulis di dalamnya. Ada 2 obat yang ditulis dalam perikop tersebut.


1. Minyak Zaitun


Minyak yang dimaksudkan di sini adalah minyak Zaitun, berasal dari buah zaitun yang ditumbuk sehingga mengeluarkan minyak. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat dalam hal penyembuhan.


Yakobus 5:14 (TB)  Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. 


Dalam perumpamaan Orang Samaria yang baik hati, ada orang Israel yang dipukul (dianiaya) oleh para penyamun. Tentunya sekujur tubuhnya luka-luka, kulitnya lebam dan bengkak. Sebab itu Orang Samaria mengoleskan/menyiramnya dengan minyak zaitun. Dalam hal ini minyak zaitun akan mengatasi iritasi (luka pada kulit).


Berikut manfaat minyak zaitun bagi kulit yang ditulis oleh sebuah situs siloamhospital.com:

- mengurangi jerawat

- menjaga kelembaban kulit

- mengatasi iritasi pada kulit

- menunda munculnya tanda-tanda penuaan

- mencerahkan kulit

- memudarkan bekas jerawat

- mengurangi flek hitam

- mengatasi bibir pecah-pecah

- membersihkan riasan wajah.


Masih ada banyak manfaat minyak zaitun selain untuk kesehatan kulit maupun penyembuhan penyakit lainnya. Dengan demikian sampai saat ini kita masih bisa menggunakan minyak zaitun untuk perawatan dan penyembuhan.


2. Manfaat anggur


Anggur yang disiramkan adalah minuman anggur merah yang mengandung alkohol tinggi. Alkohol membantu penyembuhan dan mempercepat pengeringan luka.

Paulus juga menasehatkan Timotius untuk menambahkan anggur sedikit pada minumannya untuk penyembuhan dari sakit pencernaan. Pada dasarnya minum anggur diperbolehkan untuk alasan kesehatan, kecuali untuk kemabukan.


1 Timotius 5:23 (TB)  Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah. 


Mengkonsumsi buah anggur terkhusus anggur merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan menurut situs alodokter.com.

- meningkatkan daya tahan tubuh

- mencegah keriput pada kulit

- menurunkan kolesterol

- mencegah obesitas

- mengurangi resiko terkena penyakit jantung

- mengontrol gula darah

- meningkatkan kualitas tidur

- mengurangi resiko terkena kanker


Dengan uraian di atas kita bisa mengetahui manfaat minyak zaitun dan anggur bagi kesehatan. Sampai sekarang keduanya masih relevan dan bermanfaat untuk proses perawatan dan penyembuhan pada masa kini.  Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages