Menerima Berkat Yang Lebih Besar

 



Minggu, 29 Oktober 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Lukas 16-18


Lukas 17:19 (TB)  Lalu Ia berkata kepada orang itu: "Berdirilah dan pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau."


Dalam perjalanan Yesus ke Yerusalem, Ia bertemu dengan sepuluh orang kusta. Mereka adalah orang Samaria. Bagi orang Israel mereka dianggap sebagai orang kafir (orang yang tidak mengenal Allah). Karena dikucilkan, mereka berdiri agak jauh sambil berteriak, "Yesus, Guru, kasihanilah kami!"


1. Menerima Berkat


Yesus menyembuhkan mereka. Kesembuhan bagi mereka adalah berkat yang selama ini mereka cari. Dengan sembuh dari kusta mereka tidak lagi dikucilkan dan bisa hidup normal di tengah-tengah masyarakat.


Lukas 17:14 (TB)  Lalu Ia memandang mereka dan berkata: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam-imam." Dan sementara mereka di tengah jalan mereka menjadi tahir.  


2. Menerima Berkat Yang Lebih Besar


Dari sepuluh orang yang sembuh tersebut, ternyata hanya satu orang yang kembali dan bersyukur kepada Yesus. Sedangkan yang sembilan orang sudah cukup puas dengan berkat kesembuhan sehingga mereka tidak kembali kepada Yesus.


Lukas 17:15-16 (TB)  Seorang dari mereka, ketika melihat bahwa ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan suara nyaring,

lalu tersungkur di depan kaki Yesus dan mengucap syukur kepada-Nya. Orang itu adalah seorang Samaria. 


Akibat dari ucapan syukurnya, ia menerima berkat yang jauh lebih besar yaitu keselamatan.


Lukas 17:17-19 (TB)  Lalu Yesus berkata: "Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir? Di manakah yang sembilan orang itu?

Tidak adakah di antara mereka yang kembali untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini?"

Lalu Ia berkata kepada orang itu: "Berdirilah dan pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau."


Pelajaran hari ini:

Ketika kita diberkati jangan lupa mengucap syukur dan memuliakan Tuhan. Hal ini akan membukakan kesempatan bagi kita untuk menerima berkat yang jauh lebih besar, bahkan apa yang tidak pernah kita pikirkan. Hiduplah dalam pengucapan syukur kepada Tuhan untuk segala sesuatu. Haleluya! Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages