Mengampuni 70x7 Kali

 



Minggu, 15 Oktober 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Matius 16-18


Matius 18:22 (TB)  Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.


Bagi manusia mengampuni sebanyak 7 kali sudah maksimal, artinya ada batas-batas bagi seseorang menerima pengampunan. Tetapi bagi Tuhan, kita harus mengampuni 70 kali 7 kali atau 490 kali. Apakah artinya?


1. Pengampunan tanpa batas


Artinya kita harus mengampuni orang yang bersalah kepada kita sama seperti Tuhan mengampuni kita. Ini bicara tentang waktu lampau, sekarang dan yang akan datang. Tidak ada batasan waktu bagi kita untuk mengampuni, artinya setiap waktu, sepanjang umur hidup kita bahkan selama-lamanya.


Kolose 3:13 (TB)  Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. 


Yesaya 1:18 (TB)  Marilah, baiklah kita beperkara! — firman TUHAN — Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba. 


2. Pengampunan tanpa syarat


Tidak ada syarat-syarat yang kita ajukan kepada orang lain agar kita bisa mengampuni. Bahkan ketika mereka masih berbuat jahat pun, kita harus tetap mengampuni. Pengampunan tanpa syarat ini juga dilakukan oleh Kristus bagi kita.


Roma 5:8 (TB)  Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.


Jangan memberikan pengampunan menurut kemampuan kita, sebab sampai pada titik tertentu kita pasti tidak akan mampu. Tetapi belajarlah dan berilah pengampunan kepada orang yang bersalah, yang mengecewakan dan yang mengkhianati seperti Tuhan telah mengampuni kita. Mintalah hati yang baru sehingga kita bisa mengampuni dengan tanpa batas dan tanpa syarat. Selamat hari Minggu, selamat beribadah Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages