Pemulihan Hati Bapa dan Hati Anak

 



Senin, 9 Oktober 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Maleakhi 3-4


Maleakhi 4:6 (TB)  Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.


Ayat tersebut adalah ayat tetakhir dalam Perjanjian Lama. Alkitab Perjanjian Lama dimulai dengan keluarga yaitu Adam dan Hawa dan diakhiri dengan keluarga yaitu pemulihan hati Bapa dan hati Anak. Alkitab Perjanjian Baru dimulai dengan keluarga yaitu silsilah Yesus Kristus dan diakhiri dengan kedatangan Tuhan Yesus dalam pernikahan Anak Domba. Pesan mengenai keluarga sangat penting dalam Alkitab, sebab itu banyak pesan yang ditujukan untuk memelihara dan memulihkan keluarga. Hari ini sedikit kita akan membahas pemulihan hati bapa dan hati anak.


1. Pemulihan hati bapa


Secara naluri sesungguhnya hati orang tua sangat mengasihi anak-anaknya. Tetapi karena dosa banyak terjadi orang tua yang menganiaya, membuang bahkan membunuh anaknya. Ini disebabkan karena hati bapa (hati orang tua) mengalami luka batin. Oleh sebab itu diperlukan hati yang baru yang mampu mengampuni dan mengasihi anak-anaknya. 


Para orang tua ... mintalah hati yang baru kepada Tuhan, agar bisa mengasihi anak-anakmu seperti Tuhan mengasihi kita. Ampunilah kesalahan anak-anakmu sama seperti Tuhan mengampuni kesalahanmu.


Yehezkiel 36:26 (TB)  Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. 


Anak-anak ... hormatilah dan taatilah orang tuamu, janganlah mengecewakan hati mereka !


Ulangan 5:16 (TB)  Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. 


2. Pemulihan hati anak


Ada banyak anak dalam generasi sekarang yang kecewa dan mengalami kepahitan atas perilaku orang tuanya. Mereka kehilangan figur orang tua yang mengasihi mereka. Akibatnya mereka melawan dan memberontak kepada orang tuanya. Sebab itu anak-anak memerlukan hati yang baru sehingga bisa mengampuni dan taat kepada orang tuanya.


Anak-anak ... ampunilah orang tuamu, terimalah mereka sebagai bagian dari rencana Tuhan dalam hidupmu.


Para orang tua ... jangan kecewakan anak-anakmu supaya mereka tidak pahit hati.


Kolose 3:21 (TB)  Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya. 


Anak-anak ... taatilah orang tuamu.


Kolose 3:20 (TB)  Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan. 


Generasi sekarang dan yang akan datang membutuhkan hubungan yang sehat di antara orang tua dan anak-anak. Sebab itu sesuai kebenaran firman Tuhan, marilah kita terus mengusahakan agar hubungan dalam keluarga kita dipulihkan termasuk hubungan antara orang tua dan anak. Kasih Tuhan kiranya memulihkan setiap hubungan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages