Kata Orang dan Kata Tuhan

 



Jumat, 20 Oktober 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Markus 4-6


Markus 5:35-36 (TB)  Ketika Yesus masih berbicara datanglah orang dari keluarga kepala rumah ibadat itu dan berkata: "Anakmu sudah mati, apa perlunya lagi engkau menyusah-nyusahkan Guru?"

Tetapi Yesus tidak menghiraukan perkataan mereka dan berkata kepada kepala rumah ibadat: "Jangan takut, percaya saja!"


Konflik dalam batin seringkali ketika kita mau mempercayai firman Tuhan. Seperti dalam kisah tersebut.


Kata orang-orang:

Markus 5:35 (TB)  Ketika Yesus masih berbicara datanglah orang dari keluarga kepala rumah ibadat itu dan berkata: "Anakmu sudah mati, apa perlunya lagi engkau menyusah-nyusahkan Guru?"


Kata Tuhan Yesus:

Markus 5:36 (TB)  Tetapi Yesus tidak menghiraukan perkataan mereka dan berkata kepada kepala rumah ibadat: "Jangan takut, percaya saja!"


Dalam kehidupan sehari-hari kita mengalami pertentangan antara kata orang (kenyataan) dengan firman Tuhan.

Beberapa contohnya:


Kata orang tidak bisa disembuhkan, penyakit sudah sangat parah, hidup tinggal beberapa bulan lagi. Kata Tuhan: oleh bilur-bilur Yesus segala sakit kita sudah disembuhkan.


Kata orang: Anda adalah orang yang bodoh, gagal dan tidak punya masa depan. Kata Tuhan: Anda diciptakan segambar dan serupa dengan Allah, rancangan Allah bagi Anda adalah masa depan yang penuh pengharapan.


Kata orang: mustahil. Kata Tuhan: segala sesuatu mungkin.

Matius 19:26 (TB)  Yesus memandang mereka dan berkata: "Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin."


Mengikuti kata orang dan melihat kenyataan akan membuat iman menjadi lemah. Tetapi mendengar dan mempercayai firman Tuhan akan membuat iman kita kuat. Sebab hidup kita buat karena melihat tetapi hidup karena percaya kepada firman Tuhan.


Roma 10:17 (TB)  Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. 


2 Korintus 5:7 (TB)  — sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat — 


Sebab itu marilah kita terus tumbuhkan iman kita dengan membaca, merenungkan dan mendengarkan firman Tuhan serta mulai lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Maka kita akan mengalami mujizat dan pertolongan Tuhan. Segala yang mustahil bagi manusia, tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Jangan takut, percaya saja! Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages