Cintailah Kebenaran dan Damai!

 



Jumat, 6 Oktober 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Zakharia 7-10


Zakharia 8:19 (TB)  "Beginilah firman TUHAN semesta alam: Waktu puasa dalam bulan yang keempat, dalam bulan yang kelima, dalam bulan yang ketujuh dan dalam bulan yang kesepuluh akan menjadi kegirangan dan sukacita dan menjadi waktu-waktu perayaan yang menggembirakan bagi kaum Yehuda. Maka cintailah kebenaran dan damai!"


Kegirangan dan sukacita sangat diharapkan oleh semua orang. Puasa dalam ayat tersebut berarti ibadah. Ibadah akan menyebabkan kegirangan dan sukacita dalam hidup kita, bila kita mencintai kebenaran dan damai!


Berikut ini penjabaran dalam kehidupan sehari-hari.


1. Hidup dalam kekudusan.


Artinya menjauhi dosa dan mengejar serta segala sesuatu yang berkenan kepada Tuhan. Hal ini akan membawa kita semakin erat dengan Tuhan yang menjadi sumber kebenaran dan kedamaian.


1 Petrus 1:14-16 (TB)  Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, 

tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,

sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.  


2. Menjauhi segala dusta


Fitnah, dusta, menipu, bohong dan manipulasi adalah perkataan ataupun tindakan yang tidak sesuai dengan kebenaran. Semuanya akan mendatangkan tuduhan dan penghakiman sehingga tidak mendatangkan damai sejahtera, menyebabkan hubungan yang rusak dan perpecahan. 


Matius 5:37 (TB)  Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.


Efesus 4:25 (TB)  Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.  


3. Hidup dalam perdamaian.


Perdamaian dengan sesama dan dengan Tuhan adalah perasaan, sikap dan tindakan yang selalu diusahakan, tidak terjadi secara otomatis. Sebab itu milikilah kasih sebagai benih yang akan bertumbuh sehingga melahirkan perdamaian dalam setiap hubungan.


Roma 12:18 (TB)  Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! 


2 Petrus 3:14 (TB)  Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.


Satu hal yang membedakan orang benar dan orang fasik adalah cara hidupnya. Cara hidup orang benar adalah seturut dengan firman Tuhan, sedangkan orang fasik hidup dengan menuruti keinginan duniawi. Hari ini kembali kita diingatkan untuk menjalankan ibadah dan kehidupan sehari-hari dengan mencintai kebenaran dan damai. Tujuannya agar kita selalu mengalami kegirangan dan sukacita di dalam Tuhan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. Amin. (PBW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages