Merintis Dengan Perkara Kecil

 



Kamis, 5 Oktober 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Zakharia 4-6


Zakharia 4:10a (FAYH)  Janganlah memandang hina permulaan yang kecil ini karena TUHAN bersukacita melihat pekerjaan itu telah dimulai dan melihat tali unting (bandul pengukur tegak lurus) berada di tangan Zerubabel.


Zerubabel bin Sealtiel adalah bupati Yehuda setelah bangsa Israel kembali dari pembuangan di Babel. Bersama imam besar Yosua bin Yozadak mereka bahu membahu untuk membangun kembali Bait Allah yang telah runtuh.


Pembangunan kembali Bait Allah adalah pekerjaan yang besar, tetapi tidak akan terjadi apabila tidak ada orang yang memulai dengan tindakan yang kecil. Dalam bacaan tersebut kita mendapati bahwa Zerubabel-lah yang mengisiasi dengan meletaknya batu pondasi dan memasang tali unting sebagai panduan dasar untuk tindakan berikutnya.


Zakharia 4:9 (FAYH)  "Zerubabel telah meletakkan dasar Bait ini, dan ia akan menyelesaikannya. Maka kamu akan mengetahui bahwa pesan-pesan ini dari Allah, TUHAN semesta alam.


Pesan yang dapat kita renungkan pagi ini:


1. Jangan memandang remeh permulaan yang kecil.


2. Tuhan bersukacita bila melihat ada orang yang memulai.


Baik dalam pekerjaan, usaha maupun pelayanan pada umumnya dimulai dengan usaha yang kecil. Istilah yang kita kenal saat ini adalah starup atau rintisan. Merintis dari kecil memang tidak mudah dan penuh dengan kesulitan. Tetapi bila kita setia, maka rintisan tersebut suatu saat akan menjadi besar dan berhasil.


Matius 25:21 (TB)  Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.


Segala sesuatu dimulai dari perkara kecil, jangan pernah meremehkannya sebab Tuhan bisa membuatnya menjadi besar. Tuhan sendiri juga bersukacita apabila ada orang-orang yang mau merintis dari perkara kecil. Tetap semangat, Tuhan akan memberkati segala sesuatu yang telah kita mulai, akan menjadi besar dan menjadi berkat. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages