Mencari dan Menyelamatkan Yang Hilang

 



Senin, 30 Oktober 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Lukas 19-21


Lukas 19:10 (TB)  Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."


Yesus menumpang di rumah Zakheus, seorang pemungut cukai. Di mata masyarakat pemungut cukai adalah orang berdosa, sebab  seringkali mereka memeras rakyat. Dengan kata lain mereka mendapatkan kekayaan dengan cara yang tidak benar. Sebab itu semua orang bersungut-sungut kepada Yesus.


Lukas 19:7 (TB)  Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: "Ia menumpang di rumah orang berdosa." 


Yesus memberi alasan kepada mereka bahwa Zakheus adalah jiwa terhilang yang perlu dicari dan diselamatkan.


Lukas 19:10 (TB)  Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.


Keberadaan kita di dunia menjalankan panggilan Tuhan untuk mencari dan menyelamatkan yang terhilang.


1. Gereja bukan hanya menerima orang yang baik perilakunya, tetapi menerima semua orang sebab Tuhan merindukan mereka kembali dan bertobat.


2. Gereja (jemaat) harus mencari di mana ada orang yang terhilang, memberitakan kabar baik kepada mereka dan membawa mereka ke dalam persekutuan orang kudus (jemaat).


3. Jangan mengasihi orang berdasarkan perilaku dan penampilan mereka, tetapi kasihilah semua orang sebab jiwa mereka sangat berharga di mata Tuhan.


Bila setiap kita tergerak untuk mencari dan menyelamatkan yang terhilang, maka gereja akan menjadi dinamis. Setiap hari akan terjadi orang-orang yang diselamatkan.


Kisah Para Rasul 2:46-47 (TB)  Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,

sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.


Jadilah jemaat yang hidup dalam persekutuan, berperilaku memuliakan Tuhan serta tiada henti untuk mengabarkan kabar baik kepada sesama. Satu orang diselamatkan seluruh malaikat sorga bersorak-sorai. Yesus datang untuk mencari dan menyelamatkan orang berdosa. Tetap semangat menjangkau jiwa. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages