Singa Tak Tahu Diri


Rabu, 4 September 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 19-21

Yehezkiel 19:2-3 (BIMK)  Ibumu bagaikan singa betina yang hebat dan luar biasa. Ia membesarkan anak-anaknya di antara singa-singa perkasa. 
Salah seekor anaknya dididiknya dan diajarinya mencari mangsa. Maka jadilah ia singa dewasa penerkam dan pemakan manusia. 

Ratapan 19 berisi tentang kisah raja Yoahas anak dari Yosia, raja Israel. Raja Yosia dikenal sebagai raja yang takut akan Tuhan, tetapi Yoahas sebaliknya yaitu menentang Tuhan. Karena hidup Yoahas yang jahat, maka Tuhan hanya memberikan waktu 3 bulan untuk memerintah di Yerusalem.  Yoahas ditawan oleh raja Mesir dan mati di sana.

Sindiran terhadap raja Yoahas ditulis dalam Yehezkiel 19:1-3. Raja Yosia diumpamakan induk singa yang membesarkan seekor anaknya, mengajari mereka mencari makan dan belajar menerkam. Tetapi ia justru menjadi buas sehingga memangsa manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari ada kisah yang serupa dengan Yoahas. Ada orang tua yang mendidik dan menyayangi anaknya, tetapi setelah anaknya dewasa tidak tahu diri malahan memberontak, melawan orang tuanya dan berbuat jahat. Ada pemimpin yang mengasihi dan memberi kesempatan kepada anggotanya untuk menjadi pemimpin, tetapi akhirnya justru melawan dan menerkam pemimpinnya. Ini sering terjadi dalam dunia bisnis, tetapi bisa juga terjadi dalam pelayanan di gereja.

Marilah kita menjadi pribadi yang tahu diri. Kita menerima didikan Tuhan dan kesempatan untuk menjadi pemimpin adalah untuk melayani, bukan untuk memberontak tetapi untuk tunduk pada otoritas. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages