Dibawa Ke Padang Gurun


Selasa, 17 September 2024

Bacaan Alkitab Sstahun: Hosea 1-3

Hosea 2:14 (TB)  (2-13) "Sebab itu, sesungguhnya, Aku ini akan membujuk dia, dan membawa dia ke padang gurun, dan berbicara menenangkan hatinya. 

Latar belakang kitab Hosea adalah ketidaksetiaan bangsa Israel kepada Tuhan dengan menyembah berhala. Tetapi Tuhan memanggil Hosea untuk terlibat langsung dalam pemulihan bangsa Israel.

1. Israel dibawa ke padang gurun.

Padang gurun adalah gambaran keadaan yang gersang, tandus, sepi tiada berpenghuni. Untuk bisa hidup di padang gurun harus disertai dengan perjuangan yang berat. 

Padang gurun dalam arti sekarang bagi orang percaya adalah penderitaan. Tidak semua penderitaan terjadi karena dosa, tetapi Tuhan bisa memakai penderitaan sebagai bagian dari rencana Tuhan untuk menguji dan memurnikan orang percaya.

2. Tuhan menenangkan hati umat-Nya di padang gurun.

Secara fisik padang gurun sunyi sepi dan tidak berpenghuni. Dalam arti rohani orang percaya dibawa kepada penderitaan agar mendengar dan mengerti kehendak Tuhan dalam hidupnya.

Hosea 2:14 (BIMK)  TUHAN berkata, "Sebab itu Aku akan membawa dia ke padang gurun; di sana ia akan Kubujuk dengan kata-kata cinta. 

Di "padang gurun" kita tidak bisa mengandalkan manusia, di sanalah kita hanya bisa berseru dan meminta pertolongan dari Tuhan. Di dalam penderitaan kita akan bisa bersyukur dan merenungkan kasih Tuhan dalam kehidupan kita.

Sesungguhnya kita tidak harus menunggu masuk ke padang gurun untuk menyadarkan dan mengerti kehendak Tuhan dalam hidup kita. Sebelum masuk dalam penderitaan baiklah kita hidup dalam kesetiaan dan takut akan Tuhan. Tetapi bila Tuhan mengijinkan kita masuk dalam penderitaan pasti ada rencana Tuhan yang luar biasa baik dalam hidup kita. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages