Doa Syafaat Daniel


Minggu, 15 September 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Daniel 7-9

Daniel 9:4 (TB)  Maka aku memohon kepada TUHAN, Allahku, dan mengaku dosaku, demikian: "Ah Tuhan, Allah yang maha besar dan dahsyat, yang memegang Perjanjian dan kasih setia terhadap mereka yang mengasihi Engkau serta berpegang pada perintah-Mu!

Setelah Daniel menerima penglihatan tentang akhir zaman, maka ia mengambil sikap untuk merendahkan diri, berdoa dan bersyafaat untuk bangsanya.

Daniel 9:4-6 (TB)  Maka aku memohon kepada TUHAN, Allahku, dan mengaku dosaku, demikian: "Ah Tuhan, Allah yang maha besar dan dahsyat, yang memegang Perjanjian dan kasih setia terhadap mereka yang mengasihi Engkau serta berpegang pada perintah-Mu!
Kami telah berbuat dosa dan salah, kami telah berlaku fasik dan telah memberontak, kami telah menyimpang dari perintah dan peraturan-Mu,
dan kami tidak taat kepada hamba-hamba-Mu, para nabi, yang telah berbicara atas nama-Mu kepada raja-raja kami, kepada pemimpin-pemimpin kami, kepada bapa-bapa kami dan kepada segenap rakyat negeri. 

Mewakili seluruh umat Israel, Daniel mengakui dosa ...

1. Telah berbuat dosa dan salah
2. Telah berlaku fasik (jahat)
3. Telah memberontak (kepada Tuhan)
4. Telah menyimpang dari perintah dan peraturan Tuhan.
5. Tidak taat kepada hamba-hamba Tuhan dan para nabi.

Sesungguhnya akar dari kejatuhan bangsa Israel adalah pemberontakan kepada Tuhan, baik tidak mentaati firman-Nya maupun para nabi-Nya.

Masalah klasik tersebut masih terjadi di antara umat Tuhan saat ini yaitu memberontak kepada Tuhan dan hamba-hamba-Nya. Tuhan memanggil kita untuk mengambil posisi seperti Daniel yaitu berdoa syafaat dan memohon pengampunan dosa. Dalam doa syafaat kita mewakili dan mengaku segala dosa orang lain, yang tidak kita perbuat. Tuhan mengasihi umat-Nya, terlebih mendengar yang mau merendahkan diri, berdoa dan bersyafaat bagi umat Tuhan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages