Penduduk Kota

 



Minggu, 21 April 2024


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tawarikh 7-9


1 Tawarikh 9:3 (TB)  Di Yerusalem tinggal orang-orang dari bani Yehuda, dari bani Benyamin, dari bani Efraim dan Manasye: 


Sejarah telah membuktikan bahwa Yerusalem sejak dahulu merupakan ibukota Kerajaan Israel. Meskipun saat ini Yerusalem dibagi menjadi dua bagian yaitu Yerusalem Barat dan Yerusalem Timur. Yerusalem Barat termasuk wilayah Negara Israel dan Yerusalem Timur adalah wilayah Palestina. Yerusalem disebut sebagai kota suci tiga agama, di dalamnya tinggal penduduk beragama Yahudi, Kristen dan Islam. Yerusalem erat hubungannya dengan Kekristenan di abad permulaan.


Hal yang menarik adalah melihat penduduk yang tinggal di Yerusalem pada mulanya. Sebagai kota yang besar, Yerusalem didiami oleh suku-suku yang besar dan terkenal.


Suku Yehuda, suku yang besar yang menurunkan raja Daud sampai kepada Yesus Kristus. Yesus sendiri mendapat julukan "Singa dari Yehuda".


Suku Benyamin adalah anak bungsu Yakub (Israel), sangat disayang karena diasuh dan dibesarkan sebagai pengganti Yusuf. Sebab itu Benyamin mendapat fasilitas dan perlakuan yang sangat istimewa.


Suku Efraim dan Manasye adalah keturunan Yusuf yang menerima berkat dari Yakub (Israel) sebelum ia mati. Sebagai keturunan Yusuf, baik Efraim dan Manasye sangat dihormati dan disegani.


Apa yang dapat kita pelajari dari firman Tuhan tersebut?


Pada umumnya penduduk yang tinggal di kota besar mendapatkan kesempatan dan fasilitas yang istimewa. Mereka dengan mudah mendapatkan fasilitas dan kesejahteraan yang melebihi kota kecil atau pedesaan. Melalui fasilitas yang ada mereka bisa mendapatkan pendidikan yang baik, mengembangkan bakat dan bisnis yang lebih maju dibanding dengan kota kecil atau pedesaan.


Bersyukurlah apabila kita tinggal di sebuah kota. Berkaryalah dan usahakanlah kesejahteraan kota di mana kita tinggal.


Yeremia 29:7 (TB)  Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu. 


Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages