Tuhan Memperpanjang Umur



Senin, 31Juli 2017

Yesaya 38:5 (TB) "Pergilah dan katakanlah kepada Hizkia: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu. Sesungguhnya Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi,

Salah satu doa atau harapan bagi seseorang yang berulang tahun adalah panjang umur. Tetapi umur itu ditentukan oleh Tuhan. Ada kisah menarik bahwa Tuhan bisa menambah umur seseorang yang hampir mati. Terjadi pada Raja Hizkia, di mana Tuhan bisa menambah umur Hizkia 15 tahun lagi. Apa rahasianya dan mengapa Tuhan menambahkan usia Raja Hizkia?

Nabi Yesaya berkata kepada Raja Hizkia bahwa ia akan mati dan sakitnya tidak akan sembuh.

Yesaya 38:2-3 (TB) Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN.
Ia berkata: "Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu." Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat.

1. Hizkia berdoa kepada Tuhan
Secara eksplisit doanya memang tidak minta umur panjang, tetapi meminta belas kasihan Tuhan. Di mana ada belas kasihan Tuhan, di situ ada banyak mujizat terjadi.

2. Hizkia hidup dengan setia di hadapan Tuhan.
2 Raja-raja 18:3 (TB) Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN, tepat seperti yang dilakukan Daud, bapa leluhurnya.

3. Hizkia hidup dengan ketulusan hati.
2 Raja-raja 18:6 (TB) Ia berpaut kepada TUHAN, tidak menyimpang dari pada mengikuti Dia dan ia berpegang pada perintah-perintah TUHAN yang telah diperintahkan-Nya kepada Musa.

4. Hizkia melakukan apa yang baik di hadapan Tuhan.
2 Raja-raja 18:4 (TB) Dialah yang menjauhkan bukit-bukit pengorbanan dan yang meremukkan tugu-tugu berhala dan yang menebang tiang-tiang berhala dan yang menghancurkan ular tembaga yang dibuat Musa, sebab sampai pada masa itu orang Israel memang masih membakar korban bagi ular itu yang namanya disebut Nehustan.

Kita tentu menginginkan umur panjang dan Tuhan bisa memberikan umur panjang kepada kita. Tetapi apakah selama ini hidup kita sudah berkenan di hadapan Tuhan? Tuhan berbelas kasihan dan memberi "bonus" umur panjang kepada Hizkia karena kesetiaannya dan perbuatannya yang berkenan kepada Tuhan.
Selama masih ada kesempatan, marilah kita mengasihi Tuhan, mentaati Firman-Nya dan melayani Dia, percayalah Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik bagi anak-anak-Nya. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages