Tuhan Menguatkan Yang Lemah

 



Kamis, 11 April 2024


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja-raja 19-22


1 Raja-raja 19:5 (TB)  Sesudah itu ia berbaring dan tidur di bawah pohon arar itu. Tetapi tiba-tiba seorang malaikat menyentuh dia serta berkata kepadanya: "Bangunlah, makanlah!" 


Elia mengalami kelelahan secara jasmani dan rohani setelah dalam peperangan rohani mengalahkan nabi-nabi Baal. Sebab itu ketika mendengar ancaman Izebel, maka Elia dengan mudah menjadi takut dan putus asa. Tuhan memahami keadaan Elia, sebab itu Ia menyuruh malaikat-Nya membawakan roti dan air supaya dimakan oleh Elia. Elia kembali tidur dan untuk kedua kali Tuhan memberikan kembali roti dan air supaya Elia menjadi kuat sebab perjalanannya masih sangat jauh.


1 Raja-raja 19:7 (TB)  Tetapi malaikat TUHAN datang untuk kedua kalinya dan menyentuh dia serta berkata: "Bangunlah, makanlah! Sebab kalau tidak, perjalananmu nanti terlalu jauh bagimu."


Beberapa hal yang dapat kita pelajari dari kisah Elia tersebut:


1. Kelelahan secara jasmani dan rohani dalam pelayanan bisa mengakibatkan hilangnya semangat bahkan putus asa.


2. Untuk mengatasi keadaan di atas ada dua hal yang bisa dilakukan yaitu:


a. Cukup makan, minum dan istirahat.


1 Raja-raja 19:8 (TB)  Maka bangunlah ia, lalu makan dan minum, dan oleh kekuatan makanan itu ia berjalan empat puluh hari empat puluh malam lamanya sampai ke gunung Allah, yakni gunung Horeb.


Seorang pelayan Tuhan memerlukan refreshing dan suasana senang dan rileks untuk mengimbangi kepenatan dalam pelayanan. Sebab itu diperlukan makan, minum dan istirahat yang cukup.


b. Menerima makanan rohani yaitu firman Tuhan (dilambangkan dengan roti) dan persekutuan dengan Roh Kudus (dilambangkan dengan air).


Matius 4:4 (TB)  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." 


Yohanes 7:37-38 (TB)  Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!

Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."


Rutinitas kesibukan dalam pekerjaan atau pelayanan tanpa diimbangi dengan makanan dan minuman secara jasmani maupun rohani akan menyebabkan kelelahan dan kejenuhan. Sebab itu kita harus menjaga pola makan dan istirahat yang cukup serta secara rutin mengisi hidup kita dengan firman Tuhan dan persekutuan dengan Roh Kudus. Tetap semangat, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages