Dipelihara Tuhan Di Masa Sukar

 



Rabu, 10 April 2024


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja-raja 16-18


1 Raja-raja 17:4 (TB)  Engkau dapat minum dari sungai itu, dan burung-burung gagak telah Kuperintahkan untuk memberi makan engkau di sana.


Elia adalah seorang abdi Allah yang taat dan hidup takut akan Tuhan. Tetapi ia diijinkan Tuhan mengalami kekeringan di Israel. Meskipun demikian Tuhan tetap memelihara Elia dengan cara yang supranatural.


1. Tuhan memerintahkan burung gagak membawa makanan bagi Elia.


1 Raja-raja 17:6 (TB)  Pada waktu pagi dan petang burung-burung gagak membawa roti dan daging kepadanya, dan ia minum dari sungai itu.


Bagi bangsa Israel burung gagak adalah salah satu burung yang najis. Arti rohaninya Tuhan bisa memakai orang yang tidak percaya kepada Tuhan untuk memberkati hamba Tuhan atau umat Tuhan yang sedang mengalami masa yang sukar. 


2. Tuhan memerintahkan seorang janda untuk memberi makan kepada Elia.


1 Raja-raja 17:9 (TB)  "Bersiaplah, pergi ke Sarfat yang termasuk wilayah Sidon, dan diamlah di sana. Ketahuilah, Aku telah memerintahkan seorang janda untuk memberi engkau makan." 


Seorang janda di Alkitab selalu digambarkan sebagai orang yang susah dan bergumul untuk mencukupi kebutuhannya dan anak-anaknya. Tetapi Tuhan bisa memakai seorang yang sedang bergumul dalam masalah untuk memberkati hamba Tuhan atau orang percaya yang juga sedang dalam kesukaran. Meskipun secara logika mustahil, tetapi bila Tuhan memerintahkan maka tidak ada yang mustahil.


Perenungan hari ini:


1) Apakah Anda seperti Elia? Seorang hamba Tuhan atau umat Tuhan yang sedang mengalami kesukaran? Percayalah bahwa Tuhan sanggup dan sedang menyiapkan pertolongan-Nya yang supranatural bagi Anda.


2) Apakah Anda bagaikan seekor burung gagak? Mungkin Anda belum percaya kepada Tuhan, tetapi Tuhan bisa memakai Anda untuk memelihara umat Tuhan.


3) Apakah Anda seperti seorang janda yang sedang mengalami kesukaran? Ketahuilah bahwa Tuhan bisa memakai Anda untuk memberkati hamba-hamba-Nya. Maka akan terjadi pemeliharaan yang ganda baik bagi Anda maupun umat Tuhan.


Intinya bila kita hidup dalam ketaatan kepada Tuhan selalu ada pemeliharaan dan pertolongan Tuhan, bahkan melebihi segala yang kita pikirkan. Tuhan tetap memelihara kita di masa yang sukar. Tuhan sungguh baik. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages