Bonus Dari Tuhan

 



Jumat, 5 April 2024


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja 1-3


1 Raja-raja 3:13 (TB)  Dan juga apa yang tidak kauminta Aku berikan kepadamu, baik kekayaan maupun kemuliaan, sehingga sepanjang umurmu takkan ada seorang pun seperti engkau di antara raja-raja.


Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bonus adalah upah tambahan di luar gaji atau upah sebagai hadiah maupun perangsang atau upah ekstra yang dibayarkan kepada pegawai.


Salomo menjadi raja menggantikan Daud dalam usia yang masih sangat muda. Sebab itu ketika Tuhan bertanya kepada Salomo apa yang akan ia minta dari Tuhan, maka Salomo meminta hikmat dalam mengambil keputusan.


1 Raja-raja 3:9 (TB)  Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?" 


Maka Tuhan menggenapi permintaan Salomo, bahkan memberikannya bonus atau berkat yang ia tidak minta kepada Tuhan.


1 Raja-raja 3:11-14 (TB)  Jadi berfirmanlah Allah kepadanya: "Oleh karena engkau telah meminta hal yang demikian dan tidak meminta umur panjang atau kekayaan atau nyawa musuhmu, melainkan pengertian untuk memutuskan hukum,

maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorang pun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorang pun seperti engkau. 

Dan juga apa yang tidak kauminta Aku berikan kepadamu, baik kekayaan maupun kemuliaan, sehingga sepanjang umurmu takkan ada seorang pun seperti engkau di antara raja-raja.

Dan jika engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan tetap mengikuti segala ketetapan dan perintah-Ku, sama seperti ayahmu Daud, maka Aku akan memperpanjang umurmu."


Apa pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah tersebut?


1. Meminta hikmat kepada Tuhan.


Dalam kehidupan sehari-hari, betapa hikmat sangat dibutuhkan dalam bertindak dan mengambil keputusan. Sebab itu firman Tuhan berkata agar kita selalu meminta hikmat dari Tuhan.


Yakobus 1:5 (TB)  Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit —, maka hal itu akan diberikan kepadanya. 


2. Kekayaan adalah bonus


Tuhan tahu segala yang kita butuhkan sebab hal itu adalah bagian dari pemeliharaan-Nya dalam hidup kita. Jadi kekayaan adalah bonus yang Tuhan berikan kepada orang yang setia dan takut akan Tuhan. Kekayaan meliputi harta jasmani maupun rohani.


Ulangan 28:2-8 (TB)  Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu: 

Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang. 

Diberkatilah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu. 

Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu. 

Diberkatilah engkau pada waktu masuk dan diberkatilah engkau pada waktu keluar. 

TUHAN akan membiarkan musuhmu yang maju berperang melawan engkau, terpukul kalah olehmu. Bersatu jalan mereka akan menyerangi engkau, tetapi bertujuh jalan mereka akan lari dari depanmu.

TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu. 


Yosua 1:7-8 (TB)  Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi. 

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. 


Jadi berkat adalah bonus dari Tuhan sebagai akibat kita taat melakukan firman-Nya. Jangan mengejar berkat, tetapi kejarlah dan usahakanlah hidup taat kepada Tuhan, maka bonus kekayaan akan menjadi bagian dalam hidup kita, akan diberikan kepada orang-orang yang takut akan Tuhan.

Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages