Pemimpin Muda Yang Visioner

 



Selasa, 16 April 2024


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-raja 13-15


2 Raja-raja 14:21-22 (TB)  Segenap bangsa Yehuda mengambil Azarya, yang masih berumur enam belas tahun dan mengangkat dia menjadi raja menggantikan ayahnya, Amazia.

Ia memperkuat Elat dan mengembalikannya kepada Yehuda, sesudah raja mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya.


Azarya diangkat menjadi raja Yehuda dalam umur yang masih sangat muda yaitu enam belas tahun. Namun demikian ia menjadi pemimpin yang visioner (memiliki tujuan di masa depan). Ia memperkuat kota Elat yang selama ini diabaikan oleh raja-raja Yehuda. Adapun Elat adalah satu-satunya kota di ujung selatan wilayah Israel di tepi pantai. Dengan diperkuatnya kota Elat maka bisa menjadi kota pelabuhan untuk pertahanan maupun ekspor impor. Sampai hari ini kota Elat menjadi kota pelabuhan terpenting bagi kemajuan perekonomian dan militer Israel.


Apa yang dapat kita pelajari dari kisah tersebut?


1. Menjadi pemimpin di usia muda.


Usia muda bukan halangan menjadi pemimpin. Bahkan pemimpin muda memiliki energi, kreatif dan inovatif melebihi para senior. Sebab itu beranilah tampil maju dan ambil kesempatan untuk memimpin. Dunia saat ini didominasi oleh anak muda, sebab itu diperlukan pemimpin muda yang sanggup menjawab kebutuhan generasinya.


Timotius menjadi gembala jemaat dalam usia belasan tahun. Sebab itu Paulus terus membimbingnya dan memberikan motivasi kepadanya. Dan ini juga berlaku bagi semua anak-anak muda.


1 Timotius 4:12 (TB)  Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.


2. Jadilah pemimpin muda yang visioner.


Seorang yang visioner bisa melihat kesempatan di masa depan pada saat orang lain tidak melihatnya. Melayani kaum muda di generasinya adalah kesempatan membuat generasi muda bertumbuh dan menjawab tantangan zaman. Di saat banyak anak muda kehilangan jati diri dan tujuan hidup diperlukan anak muda yang mau memberi diri untuk melayani generasinya. Bila Tuhan memanggil Anda, apakah Anda bersedia memenuhi panggilan-Nya?


Yesaya 6:8 (TB)  Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?" Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!" 


Daud adalah contoh lain seorang muda yang melayani dan menjadi pemimpin pada zamannya. Dalam terjemahan NKJV disebut "pada generasinya".


Kisah Para Rasul 13:36 (TB)  Sebab Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya, lalu ia mangkat dan dibaringkan di samping nenek moyangnya, dan ia memang diserahkan kepada kebinasaan.


Acts 13:36 (NKJV)  "For David, after he had served his own generation by the will of God, fell asleep, was buried with his fathers, and saw corruption;


Panggilan Tuhan untuk setiap anak muda: bangkitlah dan penuhi panggilan-Nya untuk melayani generasi Anda. Mereka yang terhilang membutuhkan uluran tangan Anda untuk melayani sesuai dengan dunia mereka. Dan Andalah yang paling mengerti dunia dan segala kebutuhan mereka. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages