Melebihi Isi Perjanjian

 



Minggu, 7 April 2024


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja-raja 7-9


1 Raja-raja 9:12-14 (TB)  Tetapi ketika Hiram datang dari Tirus untuk melihat-lihat kota-kota yang diberikan Salomo kepadanya itu, maka semuanya kurang menyenangkan hatinya.

Sebab itu ia berkata: "Macam apakah kota-kota yang telah kauberikan kepadaku ini, hai saudaraku?" Maka orang menyebutkannya tanah Kabul sampai hari ini.

Adapun Hiram telah mengirim kepada raja seratus dua puluh talenta emas. 


Pada renungan sebelumnya kita belajar dari perjanjian yang dibuat oleh raja Salomo dan Hiram, raja negeri Tirus. Raja Hiram menyediakan kayu aras dan kayu sanobar untuk pembangunan Bait Allah dan istana raja sebanyak yang dibutuhkan. Sebaliknya Salomo menyediakan kebutuhan bahan makanan untuk seisi istana Hiram sebanyak yang dibutuhkan.


Pembangunan Bait Allah dan istana raja memakan waktu 20 tahun (1 Raja-raja 9:10). Selama itulah kedua raja saling setia mematuhi isi perjanjian. Tetapi ada hal yang menarik, sesudah pembangunan selesai kedua raja saling memberi hadiah. Salomo memberikan 20 kota bagi raja Hiram. Sebaliknya raja Hiram memberikan 120 talenta emas. Bila dikonversi setara dengan kira-kira 4 triliun rupiah. Memang kota yang diberikan jauh lebih terbelakang dibanding dengan Tirus kota yang besar sehingga Hiram agak kurang berkenan. Tetapi di kemudian hari Hiram berhasil membangun kota-kota yang diberikan oleh raja Salomo. Sebuah bonus atau hadiah yang fantastis atas kesetiaan mereka berdua dalam mentaati perjanjian.


Pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah tersebut adalah:


1. Setia mentaati perjanjian akan berbuah manis. Tuhan akan menyediakan berkat yang jauh lebih besar kepada mereka yang taat dan setia kepada perjanjian yang telah mereka buat.


2. Setia dalam perkara kecil akan menerima tanggung jawab yang besar.


Matius 25:21 (TB)  Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.


Perjanjian yang telah kita buat dalam rumah tangga harus kita taati. Mungkin keluarga kita masih terus berjuang mengatasi masalah, tetapi tetaplah setia dalam segala keadaan. Demikian pula dengan ikatan perjanjian (covenant) di gereja. Mungkin gereja tempat kita berjanji untuk menjadi bagian di dalamnya masih kecil dan terbatas. Tetapi bila kita setia, maka kita sampai seluruh keturunan kita akan diberkati dengan luar biasa. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages