Setia Dengan Perjanjian

 



Senin, 15 April 2024


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-raja 10-12


2 Raja-raja 11:17 (TB)  Kemudian Yoyada mengikat perjanjian antara TUHAN dengan raja dan rakyat, bahwa mereka menjadi umat TUHAN; juga antara raja dengan rakyat. 


Yoyada adalah seorang imam yang memimpin dalam upacara perjanjian yang dibuat antara Tuhan dengan raja dan rakyat. Inti dari perjanjian tersebut adalah mereka menjadi umat Tuhan. Salah satu perwujudan perjanjian tersebut adalah mereka setia kepada Tuhan dalam beribadah dan hidup dalam kekudusan.


Segera setelah perjanjian dibuat maka mereka melenyapkan dari antara mereka segala penyembahan berhala.


2 Raja-raja 11:18 (TB)  Sesudah itu masuklah seluruh rakyat negeri ke rumah Baal, lalu merobohkannya; mereka memecahkan sama sekali mezbah-mezbahnya dan patung-patung dan membunuh Matan, imam Baal, di depan mezbah-mezbah itu. Kemudian imam Yoyada mengangkat penjaga-penjaga untuk rumah TUHAN. 


Apa yang dapat kita pelajari dari kisah tersebut?


Kita adalah umat perjanjian, ada kewajiban yang harus kita jalankan sebagai umat Tuhan, yaitu:


1. Setia mengabdi kepada Tuhan.


Pengabdian kepada Tuhan melebihi dari sekedar setia beribadah tetapi memberikan segenap kehidupan kita kepada Tuhan sebagai hamba-Nya dan alat-Nya untuk menggenapi rencana Tuhan bagi jemaat dan jiwa-jiwa yang terhilang.


2. Menjaga kekudusan.


Menjaga kekudusan artinya menjauhkan segala ilah / penyembahan berhala. Ilah yang dimaksud adalah segala sesuatu yang bisa menyaingi Tuhan dalam hidup kita. Tidak selalu berwujud penyembahan berhala, tetapi bisa hobby, pekerjaan, uang, kesibukan bahkan pelayanan bisa menjadi berhala dalam hidup kita.


Menjaga kekudusan juga berarti menjauhi segala pikiran dan perbuatan dosa dalam hidup kita.


Kita percaya setiap orang pernah berjanji di hadapan Tuhan untuk setia menjadi umat-Nya. Meskipun kita penuh dengan kelemahan, tetapi mari memohon kekuatan dan kasih karunia dari Tuhan agar kita dimampukan Tuhan untuk tetap setia kepada Tuhan dalam segala keadaan apapun yang kita alami.


Amsal 20:6 (TB)  Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya? 


Biarlah hati Tuhan disenangkan apabila menemukan kehidupan kita tetap setia kepada Tuhan sesuai dengan perjanjian yang telah kita buat di hadapan Tuhan dan jemaat-Nya. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages