Rencana Allah Di Luar Logika



Minggu, 10 Mei 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Ezra 1-3

Ezra 1:2 (TB)  "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda.

Rumah Allah (Bait Suci) di Yerusalem dibangun pertama kali pada masa Salomo.
Akan tetapi mengalami kehancuran ketika diserang oleh Nebukadnezar, raja Babel. Semua perlengkapan ibadah dari emas, perak dan tembaga dibawa ke Babel, kemudian Rumah Allah dibakar. Lagipula penduduk di Yerusalem ditawan dan dijadikan orang buangan di Babel. Sungguh masa ini merupakan masa yang sangat sulit bagi bangsa Israel. Semua ini terjadi karena bangsa Israel berubah setia dan kembali menyembah berhala.

Tetapi di luar dugaan, Allah justru memakai Koresh, raja Persia untuk memulihkan keadaan Rumah Allah dan bangsa Israel. Ia bukan keturunan Yahudi tetapi dipakai Allah untuk memulihkan bangsa Israel. Dalam sejarah kerajaan Allah, hal ini adalah pembangunan rumah Allah yang kedua.

1. Koresh memulangkan seluruh orang Israel yang berada dalam pembuangan di Babel.
2. Koresh memberikan persembahan dan mewajibkan orang-orang di Babel untuk memberikan perhiasan mereka bagi pembangunan Rumah Allah.
3. Koresh mengembalikan semua perlengkapan ibadah yang telah diambil oleh Nebukadnezar yang ditaruh di rumah-rumah berhala.
4. Koresh mengirim para ahli dan tukang-tukang bangunan untuk mengerjakan bangunan Rumah Allah.

Mungkin saat ini kita bagaikan tiada daya untuk melanjutkan pembangunan rumah Allah baik dalam arti rohani maupun fisik. Tetapi percayalah bahwa rencana Tuhan jauh lebih sempurna dan lebih tinggi dari segala akal pikiran (logika) kita. Allah bisa memakai orang lain, bahkan bukan orang percaya untuk memberkati rumah Allah dan menolong umat-Nya.
1 Korintus 2:9 (TB)  Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." 

Hanya satu hal saja yang paling penting dan harus selalu kita lakukan yaitu melakukan bagian kita untuk senantiasa taat dan mengasihi Tuhan. Percayalah rencana Tuhan yang sempurna akan dinyatakan dalam kehidupan kita. Selamat hari Minggu, selamat beribada. Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages