Pemeliharaan Tuhan



Sabtu, 23 Mei 2020

Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 10-12

Ayub 10:12 (TB)  Hidup dan kasih setia Kaukaruniakan kepadaku, dan pemeliharaan-Mu menjaga nyawaku.

Pernahkah Anda memelihara binatang atau tanaman peliharaan? Apakah anjing, burung, kucing, ikan, tanaman hias dan sebagainya? Pastilah Anda menyayangi binatang atau tanaman tersebut, tiap hari melihat keindahannya dan bermain-main dengannya. Pastilah Anda akan menjaga binatang peliharaan Anda dari kelaparan, menjaga tanaman dari kekeringan, penyakit atau bahaya yang akan datang.

Kehidupan kita di mata Tuhan lebih dari sekedar "peliharaan-Nya". Kita adalah spesial, berharga dan mulia di mata Tuhan sehingga kita menerima kasih sejati dan tulus yang menyelamatkan dan mengampuni dosa kita.
Yesaya 43:4 (TB)  Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Apa saja aspek pemeliharaan Tuhan dalam hidup kita?

1. Perlindungan
Tuhan senantiasa melindungi kita sebagai umat kesayangan-Nya. Ia melindungi kita dari segala marabahaya, sakit penyakit maupun pencobaan dari si jahat yang mengancam jiwa kita. Ia melindungi kita dalam perjalanan maupun segala aktifitas kita.
Mazmur 121:7-8 (TB)  TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu.
TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.

2. Penyediaan
Tuhan lebih tahu segala sesuatu yang menjadi kebutuhan kita. Ia menyediakan kebutuhan kita lebih daripada ciptaan Tuhan yang lain.
Matius 6:25-26 (TB)  "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?
Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?

3. Pemulihan
Tuhan mengetahui bahwa kita hidup di dunia dengan segala sistem dan kuasa dosa yang membuat kita menderita. Penderitaan secara fisik dan jiwa, sakit penyakit, masalah demi masalah bahkan segala sesuatu yang membuat jatuh dalam dosa dan kebinasaan. Dan satu karya Tuhan karena kasih setia-Nya yaitu memulihkan hidup kita. Tuhan memulihkan, menyembuhkan dan menyelamatkan jiwa kita.
2 Petrus 3:9 (TB)  Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Situasi dan kondisi yang kita alami mungkin membuat kita takut atau kuatir tentang kehidupan dan kebutuhan kita. Tetapi percayalah bahwa Tuhan yang memelihara kita tidak akan membuat kita jatuh tergeletak. Ia memelihara dan menyediakan segala kebutuhan kita.
Mazmur 37:23-24 (TB)  TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya;
apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.


Mari senantiasa serahkan hidup kita dalam tangan Tuhan yang kuat yang melindungi, menyediakan dan menyelamatkan jiwa kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages