Dua Tongkat Gembala

 



Sabtu, 7 Oktober 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Zakharia 11-14


Zakharia 11:7 (TB)  Maka aku menggembalakan domba-domba sembelihan itu untuk pedagang-pedagang domba. Aku mengambil dua tongkat: yang satu kusebutkan "Kemurahan" dan yang lain kusebutkan "Ikatan"; lalu aku menggembalakan domba-domba itu. 


Sejak zaman dahulu domba merupakan komoditi peternakan yang saat berkembang di Israel. Selain pemilik atau majikan, para gembala sangat berperan dalam perkembangannya. Para gembala menjaga, melindungi, mengarahkan dan memberi makan domba-dombanya. Bahkan mencari ketika ada domba-dombanya yang terhilang.


Salah satu alat yang penting bagi gembala adalah tongkat gembala. Dengan tongkatnya, gembala dapat menuntun, melindungi domba dari bahaya serta menyatukan domba-dombanya. Dalam ayat tersebut kita mendapati Tuhan sebagai gembala umat-Nya memiliki dua tongkat yaitu tongkat kemurahan dan tongkat ikatan.


1. Tongkat kemurahan.


Kemurahan adalah kebaikan Tuhan bisa berupa pengampunan, perlindungan, pemberian, pemeliharaan Tuhan dan tuntunan Tuhan dalam kehidupan kita. Ketika gembala mengangkat tongkat kemurahan, maka domba-dombanya akan menerima berkat antara lain dibawa ke padang rumput hijau dan air yang tenang (Mazmur 23), memukul binatang buas yang akan menyerang domba-dombanya dan menuntun domba-domba supaya tidak tersesat.


Tongkat kemurahan Tuhan akan membawa kita kepada janji-janji-Nya, melindungi kita dari pencobaan, memelihara kehidupan kita serta menuntun kita di jalan yang benar.


2. Tongkat ikatan.


Istilah lain yang digunakan dalam terjemahan lain adalah tongkat persatuan. Ketika ada domba yang memisahkan diri dari kawanan, maka gembala mengangkat tongkat persatuan. Domba yang mendengar suara gembala dan melihat tongkat persatuan diangkat, maka segera pulang dan bersatu dengan kawanan. Tongkat ikatan juga berarti disiplin atau teguran yang diberikan kepada gembala. Tidak jarang gembala memukul dengan kasih kepada domba-dombanya yang seringkali tidak taat.


1 Yohanes 1:9 (TB)  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.


Kita dilambangkan sebagai domba-domba Allah. Tuhan menggembalakan kita dengan tongkat kemurahan dan tongkat ikatan. Perhatikan cara Tuhan menggembalakan kita. Ada kalanya kita dituntun, diberkati dan mengalami perlakuan yang baik. Tetapi ada kalanya kita mengalami disiplin atau teguran dari Tuhan apabila kita melakukan kesalahan. Jangan marah, membenarkan diri dan melawan ketika kita ditegur. Tuhan itu setia dan adil, penuh kasih tetapi juga disiplin. Kedua tongkat gembala bagi kita demi kebaikan kita dalam kehidupan sehari-hari. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. Amin. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages