Hidup Dalam Didikan Tuhan




Selasa, 22 Mei 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 4-6

Ayub 5:17 (TB)  Sesungguhnya, berbahagialah manusia yang ditegur Allah; sebab itu janganlah engkau menolak didikan Yang Mahakuasa.

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Ada kalanya mereka menegur karena kesalahan anak-anaknya, ada kalanya mendidik anak-anaknya untuk berlaku lebih baik lagi. Demikianlah pula Tuhan juga menegur dan mendidik kita supaya kita semakin berkenan di hadapan-Nya.

1. Tuhan menegur kita.
Mengingatkan kita akan kesalahan dengan tujuan supaya kita bertobat dan tidak semakin tersesat.

2. Tuhan mendidik kita.
Mengajar dan menunjukkan jalan hidup supaya kita hidup lebih baik lagi. Seseorang dididik bukan selalu karena berbuat salah. Seperti seorang murid mengikuti pendidikan, supaya ia diperlengkapi dan memiliki masa depan yang baik.

Dengan apakah Tuhan mendidik dan menegur kita?
1. Melalui Firman Tuhan
2 Timotius 3:16 (TB)  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

2. Melalui beban hidup (salib)
Matius 11:29 (TB)  Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

3. Melalui pemimpin.
Filipi 3:17 (TB)  Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu.
Meneladani pemimpin yang takut akan Allah, akan membuat hidup kita meninggalkan dosa dan keinginan daging serta hidup seturut dengan firman Tuhan.

Selama kita hidup senantiasa mengalami teguran dan didikan dari Tuhan supaya semakin dimurnikan. Jangan marah dan putus asa ketika ditegur dan dididik oleh Tuhan dan orang-orang yang diutus-Nya. Berbahagialah sebab Tuhan masih peduli supaya hidup kita menjadi lebih baik lagi. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages