Tidak Bisa Mengatur Tuhan




Sabtu, 10 Pebruari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 7-9


Bilangan 9:18 (TB)  Atas titah TUHAN orang Israel berangkat dan atas titah TUHAN juga mereka berkemah; selama awan itu diam di atas Kemah Suci, mereka tetap berkemah. 


Selama perjalanan di padang gurun, bangsa Israel dipimpin oleh Tuhan. Pimpinan Tuhan dinyatakan melalui keberadaan tiang awan di waktu siang dan tiang api di waktu malam. Apabila tiang awan atau tiang api berhenti maka mereka berkemah.Tetapi apabila tiang awan atau tiang api bergerak, mereka mencabut kemah dan mengadakan perjalanan. 


Bangsa Israel tidak memiliki alasan untuk tidak mengikuti pimpinan Tuhan. Ketika Tuhan bergerak dan mereka tidak mengikuti maka mereka akan tertinggal, sebaliknya ketika mereka terus berjalan tetapi Tuhan berhenti maka mereka akan tersesat. Ada kalanya mereka berada di tempat yang nyaman, tetapi Tuhan menghendaki mereka berangkat. Demikian pula saat mereka di tempat yang tidak nyaman, mereka harus tetap berjuang bila Tuhan menghendaki mereka harus berjalan. Tidak ada pilihan lain selain mengikuti pimpinan Tuhan.


Dalam kehidupan sehari-hari, ada orang-orang Kristen yang mencoba mengatur Tuhan. Mereka selalu ingin berada di tempat yang nyaman dan menolak mengalami masalah atau pergumulan hidup. Adapula yang lari dari masalah atau tekanan hidup di saat Tuhan sedang membentuk mereka. Ada pula yang menjadi malas karena keadaan yang nyaman. Atau sebaliknya menjadi putus asa ketika yang terjadi tidak seperti yang mereka kehendaki. Pada intinya ada orang-orang yang ingin mengatur Tuhan seperti yang mereka inginkan.


Yeremia 10:23 (TB)  Aku tahu, ya TUHAN, bahwa manusia tidak berkuasa untuk menentukan jalannya, dan orang yang berjalan tidak berkuasa untuk menetapkan langkahnya. 


Kita harus menyadari bahwa manusia hidup dalam kedaulatan Tuhan. Kita tidak berkuasa menentukan jalan hidup kita. Satu hal saja sikap yang kita harus kita ambil adalah taat kepada Tuhan. Jangan malas ketika Tuhan suruh kita bergerak dan jangan mengandalkan kekuatan kita ketika menghadapi masalah. Mengandalkan diri sendiri akan membuat kita tersesat. Jangan mencoba mengatur Tuhan seperti yang kita inginkan. Sebaliknya hiduplah dalam penyerahan kepada Tuhan. Dia tahu yang terbaik bagi kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages