Berapa Yang Mentaati Firman?

 



Senin, 12 Pebruari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 13-15


Bilangan 13:20 (TB)  dan bagaimana tanah itu, apakah gemuk atau kurus, apakah ada di sana pohon-pohonan atau tidak. Tabahkanlah hatimu dan bawalah sedikit dari hasil negeri itu. Waktu itu ialah musim hulu hasil anggur.


Sebelum Musa memberi tugas kepada 12 orang untuk mengintai tanah Kanaan, ia telah memberi pesan, "Tabahkanlah hatimu."


1. Berapa orang yang taat dan menghidupi pesan tersebut selama pengintaian dan sesudahnya?


Hanya Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune yang mengingat pesan Musa dan tetap tabah hatinya.


Hal ini bisa kita lihat dari beberapa ayat berikut:


Bilangan 13:30 (TB)  Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: "Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!"


Bilangan 14:6-9 (TB)  Tetapi Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telah mengintai negeri itu, mengoyakkan pakaiannya,

dan berkata kepada segenap umat Israel: "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya. 

Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka."  


2. Berapa orang yang tidak taat dan tidak menghidupi pesan selama pengintaian dan sesudahnya?


Adalah 10 orang dari 12 pengintai. Mereka menjadi takut dan tawar hati bahkan menyebarkan kabar busuk kepada bangsa Israel. Dengan kata lain mereka tidak tabah ketika masalah atau tantangan datang di hadapan mereka.


Bilangan 13:31-33 (TB)  Tetapi orang-orang yang pergi ke sana bersama-sama dengan dia berkata: "Kita tidak dapat maju menyerang bangsa itu, karena mereka lebih kuat dari pada kita."

Juga mereka menyampaikan kepada orang Israel kabar busuk tentang negeri yang diintai mereka, dengan berkata: "Negeri yang telah kami lalui untuk diintai adalah suatu negeri yang memakan penduduknya, dan semua orang yang kami lihat di sana adalah orang-orang yang tinggi-tinggi perawakannya. 

Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami."


Bila dibuat presentasi hanya 17% orang yang taat kepada pesan Tuhan. 

Marilah kita refleksikan ini dalam kehidupan iman kita. Berapa banyak di antara kita yang taat kepada firman Tuhan yang kita baca, dengar dan renungkan? Berapa banyak di antara kita yang menangkap pesan firman Tuhan dalam ibadah dan menghidupinya?


Berdoalah dan berusahalah agar kita mentaati pesan firman Tuhan. Tetap tabah ketika masalah dan tantangan terjadi. Sebab Tuhan yang menyertai kita jauh lebih besar dari semua masalah dan pergumulan hidup yang kita alami. Ketaatan kepada firman Tuhan dipengaruhi oleh kedewasaan rohani dan penyerahan hidup kepada Tuhan. Jadilah jemaat yang dewasa rohani, tetap kuat dan tabah dalam menghadapi masalah dan tantangan dalam kehidupan kita. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages