Ketika Manna Berhenti

 




Sabtu, 4 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 4-6


Yosua 5:12 (TB)  Lalu berhentilah manna itu, pada keesokan harinya setelah mereka makan hasil negeri itu. Jadi orang Israel tidak beroleh manna lagi, tetapi dalam tahun itu mereka makan yang dihasilkan tanah Kanaan. 


Selama menempuh perjalanan di padang gurun Tuhan memelihara bangsa Israel dengan memberikan manna setiap pagi dan burung puyuh setiap petang. Tetapi setelah mereka memasuki tanah Kanaan dan memakan hasil negeri itu, maka berhentilah manna yang dari Tuhan.


Mari kita akan belajar pengertian ayat di atas secara rohani.


1. Manna selama kita hidup di dunia.


Dunia di mana kita hidup penuh dengan masalah dan penderitaan sebagaimana gambaran perjalanan di padang gurun. Kita membutuhkan makanan rohani sebagaimana tubuh kita membutuhkan makanan jasmani.


Matius 4:4 (TB)  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." 


Jadi selama kita hidup, setiap hari harus mengumpulkan "manna" dan mengolahnya menjadi "roti". Maksudnya adalah membaca firman Tuhan secara teratur dan merenungkannya sehingga mendapatkan rhema atau pesan Tuhan setiap hari. Bila berhenti membaca dan merenungkan firman Tuhan sama artinya dengan membiarkan manusia rohani kelaparan sehingga sakit-sakitan dan mengalami kematian rohani. Sebab itu marilah dengan teratur dan penuh disiplin dalam membaca dan merenungkan firman Tuhan setiap hari.


2. Yesus Kristus adalah Firman Allah di Sorga.


Ketika seorang percaya mengalami kematian maka ia berpindah dari kehidupan di dunia menuju kehidupan di sorga. Jika padang gurun diumpamakan kehidupan di dunia, maka tanah Kanaan bisa diumpamakan kehidupan di sorga.


2 Korintus 5:1 (TB)  Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia. 


Di sorga tidak lagi ada Alkitab dalam bentuk fisik atau aplikasi sehingga kita tidak lagi membaca dan merenungkan firman Tuhan di sorga. Tetapi yang ada adalah perjumpaan dengan Yesus Kristus yang adalah firman Allah atau Sabda Allah. Kita akan langsung mendengar Firman Tuhan berbicara secara langsung bagi kita. Kita akan menikmati "hasil tanah Kanaan" yaitu persekutuan dengan Tuhan Yesus.


Tetaplah setia mengiring Tuhan Yesus dengan setiap hari membaca dan merenungkan firman-Nya. Kita membutuhkan makanan rohani untuk menjaga stamina rohani sehingga tetap kuat dalam menghadapi banyak masalah dan penderitaan di dunia. Selamat berakhir pekan, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages