Tanda Yang Dapat Dipercaya

 



Sabtu, 2 Maret 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 1-3


Yosua 2:12-13 (TB)  Maka sekarang, bersumpahlah kiranya demi TUHAN, bahwa karena aku telah berlaku ramah terhadapmu, kamu juga akan berlaku ramah terhadap kaum keluargaku; dan berikanlah kepadaku suatu tanda yang dapat dipercaya,

bahwa kamu akan membiarkan hidup ayah dan ibuku, saudara-saudaraku yang laki-laki dan yang perempuan dan semua orang-orang mereka dan bahwa kamu akan menyelamatkan nyawa kami dari maut."


Rahab, perempuan Yerikho yang telah menyembunyikan kedua pengintai meminta tanda yang dapat dipercaya. Tanda tersebut menjamin bahwa ia bersama seisi rumahnya akan selamat ketika bangsa Israel menyerang Yerikho. Maka kedua pengintai itu pun menyanggupi permintaan Rahab.


Yosua 2:18 (TB)  sesungguhnya, apabila kami memasuki negeri ini, haruslah tali dari benang kirmizi ini kauikatkan pada jendela tempat engkau menurunkan kami, dan ayahmu serta ibumu, saudara-saudaramu serta seluruh kaum keluargamu kaukumpulkan di rumahmu. 


Tali dari benang kirmizi yang diikat pada jendela rumah Rahab menjadi tanda yang dapat dipercaya. Bangsa Israel tidak akan memusnahkan segala yang ada di rumah Rahab. Benang kirmizi berwarna merah, sesungguhnya menjadi gambaran penebusan oleh darah Anak Domba Allah.


Yesaya 1:18 (TB)  Marilah, baiklah kita beperkara! — firman TUHAN — Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba. 


Sama seperti rumah bangsa Israel di Gosyen yang dioleskan darah domba, maka seisi rumahnya tidak ada kematian. Demikian juga halnya dengan keselamatan bagi seisi rumah Rahab.


Bagi kita tanda yang dapat dipercaya saat ini adalah darah Yesus Kristus yang dicurahkan di kayu salib untuk membasuh dosa-dosa kita.


1 Petrus 1:18-19 (TB)  Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,

melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.


Darah Kristus adalah tanda yang dapat dipercaya. Setiap orang yang telah percaya dan menerima Kristus menerima pengampunan dan kehidupan yang kekal. Tetaplah di dalam Rumah Allah, tetaplah tinggal di dalam Kristus ... sebab barangsiapa tidak tinggal di dalam-Nya akan binasa. Tetapkanlah darah Kristus sebagai tanda yang dapat dipercaya dalam hidup kita. Darah Kristus menjamin kita memiliki kehidupan yang kekal. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages