Tuhan Menjawab Doa

 


Rabu, 27 September 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yunus 1-4


Yunus 2:2 (TB)  katanya: "Dalam kesusahanku aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku, dari tengah-tengah dunia orang mati aku berteriak, dan Kaudengarkan suaraku. 


Seringkali kita mendengar pendapat bahwa Tuhan tidak akan menjawab semua doa orang yang berdosa, sebab mereka jauh dari Tuhan. Tetapi hari ini kita akan belajar dari Yunus, bahwa pernyataan tersebut tidak selalu benar.


1. Tuhan menjawab doa orang yang mau bertobat.


Salah satu kendala terbesar bagi orang berdosa untuk kembali kepada Tuhan karena ia merasa tidak layak, jauh dari Tuhan dan karena dosanya yang sangat besar maka Tuhan tidak mau mendengar. Cobalah renungkan, Yunus lari dari panggilan Tuhan ke Tarsis sehingga kapal yang ia tumpangi dihantam badai. Menyadari kesalahannya akhirnya Yunus mau dibuang ke laut dan seekor ikan besar memakannya. Setelah menyadari kesalahannya Yunus berdoa dan Tuhan mendengarkan doanya. Di sini kita belajar, justru Tuhan senang menerima doa orang yang mau bertobat dan kembali kepada-Nya.


2. Tuhan menjawab doa orang dalam kesusahan seberat apapun masalahnya.


Ketika kita mengalami masalah yang sangat berat, tidak mungkin datang pertolongan dari orang lain, di sinilah kuasa Tuhan bekerja. Yunus berada di dasar lautan, tidak ada orang lain, tidak ada yang sanggup menolong tetapi Tuhan tetap hadir dan siap menolong. Yunus berkata, "Dari tengah-tengah dunia orang mati aku berteriak, dan Kaudengarkan suaraku."


Dalam segala kesusahan dan kelemahan kita berserulah kepada Tuhan. Di saat semua pintu di sekitar kita tertutup, pintu anugerahnya masih terbuka. 

Yesaya 59:1 (TB)  Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar.


3. Percaya kepada Tuhan dan selalu bersyukur.


Yunus tidak tahu bagaimana ia bisa lepas dari dalam mulut ikan. Tetapi ia hanya bisa mempercayakan kesusahannya kepada Tuhan dalam doa dan ia mempersembahkan ucapan syukur.


Yunus 2:9 (TB)  Tetapi aku, dengan ucapan syukur akan kupersembahkan korban kepada-Mu; apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah dari TUHAN!" 


Seberat apapun masalah dan kesusahan yang kita alami, tetaplah mengucap syukur sebab di dalam ucapan syukur terkandung mujizat Tuhan. Ingatlah bagaimana Yesus mengucap syukur untuk lima roti dan dua ikan, setelah itu mujizat terjadi.


Dalam renungan ini kita belajar bahwa Tuhan mendengar doa setiap orang yang mau bertobat dan seberat apapun pergumulan yang dihadapi tidak ada yang mustahil bagi Tuhan.

Roma 12:12 (TB)  Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! 


Haleluya, selamat beraktifitas. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages