Sehati Mencari Tuhan

 



Jumat, 5 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 19-21


2 Tawarikh 20:4 (TB)  Dan Yehuda berkumpul untuk meminta pertolongan dari pada TUHAN. Mereka datang dari semua kota di Yehuda untuk mencari TUHAN. 


Kerajaan Yehuda yang dipimpin oleh raja Yosafat menghadapi laskar yang kuat yaitu bani Moab dan bani Amon yang berkemah di sekeliling mereka. Dalam keadaan yang terjepit, raja Yosafat menyerukan agar seluruh Yehuda mencari Tuhan dan berpuasa. 


Satu hal yang dapat kita pelajari dari kisah tersebut adalah kesatuan atau kesehatian dalam mencari Tuhan. Ini dituliskan dengan kata "Yehuda" bukan orang-orang artinya seluruh bangsa Yehuda. Demikian pula ditambahkan dengan keterangan "mereka datang dari semua kota Yehuda" untuk mencari Tuhan. Baik tua, muda, anak-anak dari seluruh kota Yehuda berkumpul, merendahkan diri dan mencari Tuhan.


Atas sikap dan tindakan seluruh bangsa Yehuda dalam mencari Tuhan, maka Tuhan menjawab doa mereka dan memberikan kemenangan kepada mereka. Bukan mereka yang berperang melainkan Tuhan yang berperang untuk mereka.


Pelajaran hari ini adalah baik bila seseorang mewakili orang lain, kelompok maupun bangsa mencari Tuhan. Tetapi terlebih baik dan berkenan kepada Tuhan apabila seluruhnya merendahkan diri dan mencari Tuhan. Bila keluarga menghadapi masalah, maka seluruh anggota keluarga mencari Tuhan. Bila gereja menghadapi masalah, maka seluruh jemaat mencari Tuhan dalam kesehatian dan seterusnya. Kiranya renungan ini memberikan pemahaman agar kita mencari Tuhan dalam kesehatian. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages