Doa Disertai Puasa

 



Sabtu, 13 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Ezra 7-10


Ezra 8:21 (TB)  Kemudian di sana, di tepi sungai Ahawa itu, aku memaklumkan puasa supaya kami merendahkan diri di hadapan Allah kami dan memohon kepada-Nya jalan yang aman bagi kami, bagi anak-anak kami dan segala harta benda kami. 


Pada saat akan memulai perjalanan pulang dari Babel menuju Yerusalem, Ezra memimpin perjalanan orang Israel dengan terlebih dahulu memohon penyertaan Tuhan. Ia memaklumkan seluruh rakyat untuk berpuasa dan memohon perlindungan Tuhan. Tuhan mengabulkan doa mereka dan menyertai mereka dengan selamat sampai ke negerinya.


Ezra 8:23 (TB)  Jadi berpuasalah kami dan memohonkan hal itu kepada Allah dan Allah mengabulkan permohonan kami. 


Doa puasa sebenarnya diajarkan dalam Alkitab, bahkan Yesus juga mengajarkan tentang puasa. Tetapi banyak jemaat tidak terbiasa berpuasa karena merasa tidak perlu dan tidak mengerti manfaatnya. 


Beberapa manfaat dan tujuan doa puasa antara lain:


1. Memohon penyertaan Tuhan ketika memulai suatu perjalanan.


Perjalanan yang dimaksud termasuk ketika akan memulai suatu pekerjaan, bisnis, pelayanan. Tujuannya agar Tuhan menyertai, melindungi dan membuat berhasil. Dalam Ezra 8:21, Ezra memaklumkan puasa agar seluruh orang Israel di pembuangan berpuasa sebelum memulai perjalanan.


2. Mengakui dosa dan memohon pengampunan Tuhan. 


Puasa adalah bentuk nyata dari merendahkan diri dengan serius untuk memohon pengampunan Tuhan. Dalam puasa ini disertai dengan pertobatan dan komitmen untuk meninggalkan dosa. Demikian pula membangun komitmen untuk hidup dengan cara yang berkenan kepada Tuhan.


2 Tawarikh 7:14 (TB)  dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka. 


3. Mengenal kehendak Tuhan dalam mengambil keputusan.


Pengambilan keputusan yang penting dalam hidup baiknya didahului dengan berpuasa. Misalnya dalam memilih jodoh, panggilan dalam pekerjaan maupun pelayanan. Sebagai contoh ketika Tuhan menghendaki Paulus dan Barnabas untuk menjadi alat Tuhan.


Kisah Para Rasul 13:2-3 (TB)  Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."

Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.


Sesungguhnya masih banyak manfaat puasa yang tertulis dalam Alkitab. Ketika kita membaca Alkitab secara teratur kita akan menemukan banyak sekali ayat-ayat tentang puasa baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Belajarlah melakukan puasa sebab ada banyak manfaat yang kita terima melalui doa puasa. Selamat berakhir pekan, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages