Sederhana Tetapi Setia

 



Minggu, 26 Desember 2021


Bacaan Alkitab Setahun: Wahyu 1-3


Wahyu 3:8 (TB)  Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.


Jemaat di Filadelfia adalah jemaat yang hidupnya sederhana tetapi mereka setia kepada Tuhan. Hal ini dapat kita lihat dalam kalimat "kekuatanmu tidak seberapa". Mereka setia kepada Tuhan dengan menuruti firman Tuhan dan tidak menyangkal nama Yesus sekalipun banyak penyesat yang muncul.


Sebaliknya Tuhan mencela beberapa jemaat palsu yang menyebut diri orang Yahudi. Secara lahiriah mereka Kristen dan beribadah, mereka memiliki pengetahuan kitab yang lebih banyak, tetapi mereka berdusta yaitu tidak melakukan firman Tuhan.


Wahyu 3:9 (TB)  Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau.


Kehidupan kita di hadapan Tuhan tidak diukur dari berapa banyak pengetahuan kita tentang Tuhan, berapa banyak kekayaan yang dimiliki, berapa tinggi kedudukan atau jabatan dan berapa banyak talenta dan kemampuan. Tuhan hanya meminta kesetiaan kita kepada-Nya, yaitu setia menuruti firman Tuhan dan setia sampai akhir yaitu tidak menyangkal nama Yesus. Tentu ini menjadi penghiburan bagi kita, sekalipun hidup kita sederhana jika kita tetap setia sampai akhir akan menerima perlindungan dan kemuliaan dari Tuhan yang tiada tara.


Wahyu 3:10 (TB)  Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.


Haleluya, selamat hari Minggu ... selamat beribadah, Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages