Hati Yang Melekat Kepada Tuhan




Sabtu, 22 Juni 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 91-95

Mazmur 91:14 (TB)  "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Jenis material yang sama akan melekat sangat kuat apabila dilekatkan atau disatukan. Sebaliknya material yang berbeda akan melekat kurang kuat.
Sebenarnya manusia memiliki hakekat yang sama dengan Tuhan sebab diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.
Kejadian 1:26 (TB)  Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
Tetapi banyak hal yang membuat hubungan dengan Allah tidak bisa menyatu.

Bagaimana kita bisa mengalami hati yang melekat kepada Tuhan?

1. Fokuskan tujuan hidup untuk Tuhan.
Roma 14:8 (TB)  Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.
Tujuan hidup mempengaruhi aktifitas kita. Jika tujuan hidup kita untuk Tuhan, maka hati dan kehidupan kita akan dikondisikan untuk mencapai tujuan itu.
Kenalilah Tuhan secara pribadi sebagai tujuan hidup kita. Pengenalan bukan melalui kata orang tetapi melalui pengalaman hidup setiap hari bersama Tuhan.

2. Menjaga hati dalam kekudusan.
Amsal 4:23 (TB)  Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
Imamat 20:26 (TB)  Kuduslah kamu bagi-Ku, sebab Aku ini, TUHAN, kudus dan Aku telah memisahkan kamu dari bangsa-bangsa lain, supaya kamu menjadi milik-Ku.
Salah satu yang merusak hubungan kita dengan Tuhan adalah dosa. Oleh sebab itu hiduplah dalam kekudusan. Hati kita tidak bisa melekat kepada Tuhan bila kita hidup dalam dosa.

3. Miliki persekutuan dengan Tuhan.
1 Timotius 4:8 (TB)  Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.
Keinginan tanpa disertai tindakan tidak ada artinya. Jika kita mau hati kita tetap melekat kepada Tuhan, lakukanlah ibadah dengan setia. Miliki disiplin dalam saat teduh, merenungkan firman Tuhan dan ibadah di gereja. Jangan menjauhkan diri dari ibadah!
Ibrani 10:25 (TB)  Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Janji Tuhan bagi setiap orang yang hatinya melekat kepada Tuhan adalah meluputkan dari kesesakan dan membentengi dari segala yang jahat. Marilah kita bulatkan hati kita untuk melekat kepada Tuhan. Selamat berakhir pekan, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages