Bermegah Dalam Tuhan



Jumat, 7 Juni 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 16-20

Mazmur 20:8-9 (TB) Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama TUHAN, Allah kita.
Mereka rebah dan jatuh, tetapi kita bangun berdiri dan tetap tegak.

Dalam peperangan kereta adalah peralatan dan kuda adalah kecepatan/ketangkasan. Kekuatan sebuah pasukan dalam peperangan ditentukan oleh banyaknya kereta dan pasukan berkuda. Daud menyadari dalam peperangan menghadapi musuhnya, ia tidak memiliki kereta ataupun kuda. Terlebih pada saat ia dikejar-kejar musuhnya baik Saul maupun Absalom. Tetapi Daud sangat percaya kepada Tuhan, ia bermegah dalam Tuhan yang menjadi sumber perlindungan dan kekuatan. Iman Daud sangat kuat, ia yakin bahwa orang yang memegahkan kereta adan kuda akan jatuh, tetapi orang yang bermegah dalam Tuhan akan bangun berdiri dan tetap tegak.

Dalam kehidupan ini, banyak kompetisi maupun peperangan rohani. Banyak orang mengandalkan kepandaian, harta maupun kedudukan. Bagaimana dengan kita? Kalaupun kita memilikinya, janganlah bermegah olehnya. Terlebih lagi jika yang ada pada kita terbatas, janganlah kita mengandalkannya. Satu-satunya yang tak terbatas telah kita miliki yaitu Tuhan sendiri. Dia sumber kekuatan dan kehidupan. Jika kita bermegah dalam Tuhan, kita akan mengalami kemenangan.

Jangan bermegah atas kekuatan dan kemampuan diri, tetapi bermegahlah dalam Tuhan.
1 Korintus 1:31 (TB)  Karena itu seperti ada tertulis: "Barangsiapa yang bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan." 

Jika kita bermegah dalam Tuhan, Dia sanggup mengubah yang terbatas menjadi tidak terbatas.
1 Korintus 1:27-29 (TB)  Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat, dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti, supaya jangan ada seorang manusia pun yang memegahkan diri di hadapan Allah.

Jadi pesan firman Tuhan hari ini, marilah kita bermegah dalam Tuhan, apapun keadaan kita. Kita akan bangun berdiri dan tetap tegak, sebab Tuhan adalah sumber kekuatan dan kemenangan kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages